Saturday, December 22, 2018

thumbnail

Baik atau Jahat? Bahas Tuntas Komurasaki sang Oiran

Sebelumnya kita sudah membahas mengenai profesi oiran, mulai dari abad lampau sampai keberadaannya di era modern. Kali ini, kita akan membahas lebih detail ke pribadi dari Komurasaki, bukan profesinya. Untuk kalian yang belum tahu, kalian bisa membacanya terlebih dahulu: Oiran dan Kamuro, Komurasaki dan Toko

Pada One Piece Chapter 928, Komurasaki memulai debutnya. Muncul dengan penampilan dan wajah yang memang cantik, meski sifatnya tidak secantik itu. Tapi apa iya? Komurasaki aslinya baik atau jahat? Mari kita bahas di sini.


Iring-iringan Komurasaki dicegat oleh tiga pria tua, pakaian lusuh robek sana-sini, penampilan tak terawat. Masing-masing dari mereka membawa sebilah pisau dan ingin membunuh Komurasaki, perempuan yang sudah membuat mereka jadi seperti sekarang ini.

Dulunya, pria-pria itu adalah orang kaya terpandang.

Flashback salah satu dari mereka diperlihatkan untuk menggambarkan apa yang terjadi, yaitu flashback pria tua botak bernama Bingou.

Dulu, ia adalah pria kaya dengan rumah yang bagus. Akan tetapi, ia jatuh cinta pada perempuan yang salah. Komurasaki yang seorang oiran berpura-pura jatuh hati padanya, lalu berkata kalau ia ingin hidup bersama pria itu. Karenanya, Bingou pun berjuang keras mengumpulkan uang untuk bisa membeli kebebasan Komurasaki.

Mulai dari musim gugur sampai sampai salju, pria tua itu terus mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya. Semua barang di gudangnya ia jual, bahkan dikatakan kalau keluarganya pun rela ia jual. Semua harta bendanya. Bahkan sampai Bingou sakit batuk-batuk, ia rela untuk tidak membeli obat karena baginya Komurasaki lebih penting dari kesehatannya.

Tapi alangkah hancur hati Bingou ketika tahu kalau ternyata Komurasaki hanya menipunya. Bingou jatuh miskin, jadi bahan tertawaan, dan diusir bagai binatang.

Komurasaki dengan kejam memanfaatkan dan mencampakkan pria itu. Komurasaki jahat? Dari situ terlihat jelas kalau memang dia jahat. Tapi apa benar begitu? Mungkin saja tidak.

Komurasaki memiliki reputasi yang bagus, selama karirnya sebagai wanita malam ia pasti sudah punya banyak sekali pelanggan. Kenapa ia tak dikenal sebagai wanita penipu yang membuat orang jatuh miskin? Bisa jadi karena memang ia tak melakukan itu pada semua pelanggannya. Meski penjaga rumah hiburan Komurasaki berkata kalau sudah ada banyak pria-pria lain seperti Bingou yang datang, tapi banyak bukan berarti semua.

Mungkin Komurasaki hanya merampas uang dari orang yang menurutnya pantas, sama seperti Nami dulu yang hanya mencuri dari bajak laut. Dan Bingou adalah salah satu orang yang pantas untuk dimanfaatkan. Pria tua itu rela menjual keluarganya sendiri. Orang sekejam itu tentu layak untuk diberi ganjaran.

Dan kalau memang hanya uang yang diincar oleh Komurasaki, Orochi pasti sudah bisa membuatnya jatuh hati dari lama. Tapi dari pernyataannya di Chapter yang lalu, sepertinya sampai saat ini Orochi belum bisa melakukan hal itu.

One Piece sudah sangat sering menawarkan karakter seperti ini, dan Komurasaki sepertinya tidak jauh berbeda.

Ketika Hancock pertama kali muncul, ia diperkenalkan sebagai sosok yang kejam, seseorang yang bahkan dengan santainya melempar nenek-nenek dari lantai atas istana. Namun kemudian kita tahu kalau ia sebenarnya orang yang baik, dengan masa lalu yang kelam. (Walaupun sepertinya ia hanya baik terhadap Luffy dan tetap kejam pada orang lain)

Violet ketika muncul juga sempat diperkenalkan sebagai penjahat, perempuan licik yang menipu Sanji. Tapi kemudian kita tahu kalau ia melakukan itu semua karena dipaksa oleh kondisi. Violet yang seorang putri terpaksa menjadi anak buah Doflamingo.

Pudding yang ternyata diketahui begitu licik dan kejam pun ujung-ujungnya menjadi karakter baik yang membantu Sanji, meski dia masih agak malu-malu untuk mengakuinya. Marah-marah tapi sayang tipikal karakter tsundere.

Dan kalau ditelusuri lebih jauh ke belakang, karakter penting lain seperti Vivi pun pertama kali diperkenalkan sebagai penjahat..

Hal yang sama bahkan terjadi pada dua perempuan di kru Topi Jerami, Nami dan Robin. Robin awalnya muncul sebagai perempuan licik yang berkali-kali menipu Luffy bahkan sampai mencuri kapalnya. Robin pertama muncul sebagai anggota organisasi jahat Baroque Works.

Intinya Oda memang suka membuat cerita-cerita seperti ini. Jadi, bisa dipastikan kalau Komurasaki 99% karakter baik atau minimal akan menjadi baik. Kecuali kalau Oda benar-benar ingin bereksperimen dengan pola cerita yang baru. Tapi menjadikan Komurasaki sebagai karakter yang memang jahat dari awal sampai akhir sepertinya tidak terlalu membantu pengembangan cerita.

Dari chapter 928 kita juga makin mendapat petunjuk kalau Komurasaki kemungkinan besar adalah Hiyori, adik Momonosuke. Dari penampilan serta umur yang disebut oleh Momonosuke, keduanya cocok. Kalau masih hidup, Hiyori saat ini harusnya berusia 26 tahun. Cara panel berpindah dari Komurasaki ke penjelasan Momonosuke tentang adiknya pun seolah makin mengkonfirmasi hal ini.

Bisa juga Oda hanya memancing kita untuk berpikiran ke sana. Tapi sepertinya tidak. Plot twist One Piece selalu punya kualitas yang tinggi, tidak hanya sekadar menampilkan sesuatu yang tidak terduga-duga dan mematahkan ekspektasi pembaca.

Komurasaki adalah Hiyori 90% dikonfirmasi.

Kenapa Hiyori yang seorang putri bisa berakhir sebagai wanita malam nomor satu di Wano? Hal tersebut banyak dipertanyakan pada teori ini. Kenapa ibu Momonosuke tidak mengirim Hiyori ke masa depan seperti Momo dkk?

Kekuatan buah iblis tentu memiliki batas kekuatan, dan mengirim seseorang ke masa depan tampaknya memerlukan energi yang sangat banyak. Untuk itu, Kozuki Toki hanya mengirim orang-orang tertentu.

Momonosuke dikirim karena tentu saja, keturunan Oden harus ada yang pergi. Empat pengawal dikirim: Kinemon, Kanjuurou, Raizou, dan Kiku.

Mengirim dirinya sendiri dan Hiyori, anak perempuannya yang masih kecil tentu hanya akan menjadi beban bagi mereka. Ditinggal mati oleh suami yang ia cintai, tidak heran kalau Kozuki Toki memutuskan untuk mengakhiri hidupnya di sana, memakai semua sisa kekuatannya untuk mengirim mereka.


Tapi dia juga pasti tak rela anak perempuannya mati begitu saja. Terdapat lima pengawal yang waktu itu datang ke kastil Oden, namun pada Chapter 920, kita memang hanya diperlihatkan 4 orang: Kinemon, Kanjuurou, Raizou, dan Toki.


Satu pengawal yang tersisa mungkin yang disuruh untuk membawa Hiyori pergi ke tempat yang aman. Di mana kira-kira tempat teraman yang tidak akan disangka-sangka oleh Orochi? Jawabannya adalah rumah prostitusi.

Siapa yang menyangka seorang putri bersembunyi di rumah prostitusi?

Orochi pasti menyangka kalau ia menghilang bersama Momonosuke dan yang lainnya, dan masih tidak menaruh kecurigaan sampai detik ini.

Muncul sebuah teori lanjutan. Hiyori/Komurasaki bisa jadi punya niat untuk membalaskan dendam keluarganya pada Orochi, jadi dia sabar menunggu selama bertahun-tahun, mengumpulkan begitu banyak uang untuk membeli pasukan dan senjata untuk akhirnya melawan Orochi. Teori ini juga menggarisbawahi hubungannya dengan Kyoshirou.

Ada beberapa tanggapan mengenai kemunculan Kyoshirou bersama Komurasaki di Chapter 928. Sejak pertama muncul, pria itu memang tampak tidak terlalu suka dengan Orochi. Jadi bukan sesuatu yang mustahil baginya untuk merencanakan sesuatu bersama Komurasaki untuk menjatuhkan Orochi.

Kyoshirou adalah pimpinan Yakuza, dan sebagai orang yang mengurusi keuangan istana tentu ia pria yang kaya raya. Ditambah emas-emas yang dihasilkan oleh Komurasaki dari hasil menipu pria-pria hidung belang.Mungkin Kyoshirou diam-diam memang punya rencana untuk menjatuhkan kekuasaan Orochi.

Anggapan lain menyebut kalau keberadaan Kyoshirou di tempat itu merupakan sesuatu yang wajar, bagaimanapun Yakuza cukup terkenal kerap melindungi bisnis-bisnis seperti prostitusi.

Anggapan terakhir, dilihat dari gaya berpakaian Kyoshirou waktu itu, bagaimana ia membenarkan posisi bajunya, lalu tatapan matanya yang terlihat masih agak mengantuk, bisa jadi dia hanya pelanggan yang baru saja menggunakan jasa a i u e o Komurasaki.

Semoga hal ini segera terjawab di chapter selanjutnya, One Piece Chapter 929 rilis awal Januari 2019

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments