Tuesday, December 11, 2018

thumbnail

One Piece Chapter 927: Oiran dan Kamuro, Komurasaki dan Toko

Dua karakter perempuan baru muncul di One Piece Chapter 927, Toko si Kamuro dan Komurasaki sang Oiran. Pada artikel ini kita akan membahas mereka berdua, namun sebelum ke karakter mari terlebih dahulu kita bahas profesi mereka, oiran dan kamuro.


Oiran adalah sebutan bagi wanita panggilan khusus kerajaan. Terdengar agak tabu mungkin, apalagi di budaya kita Indonesia. Namun pada zaman Edo (1600-1868) profesi ini tumbuh pesat. Banyak yang menyamakan antara Oiran dan Geisha, namun keduanya sangat berbeda. Geisha adalah wanita penghibur, biasanya menggunakan tarian atau musik (meski tidak bisa dipungkiri kadang juga menggunakan tubuhnya), Oiran memang dikhususkan untuk menghibur secara lebih intim, paham kan maksudnya?

*Artikel ini sebisa mungkin dibuat family friendly

Bedanya oiran dengan wanita panggilan biasa adalah, mereka dikhususkan untuk orang-orang berkedudukan tinggi, para penguasa kerajaan. Dan tidak cukup hanya memiliki paras cantik dan tubuh menggoda, seorang oiran juga diharuskan memiliki berbagai kemampuan seperti misal ahli dalam prosesi pesta teh, merangkai bunga, kaligrafi, memainkan alat musik tradisional, dll. Mereka juga harus pandai dalam berkata-kata dan membangun percakapan secara elegan.

Ranking oiran masih dibagi lagi, yang tertinggi yaitu Tayu dan di bawahnya adalah Koushi. Sebagai ranking tertinggi, seorang Tayu memiliki hak untuk bahkan menolak kliennya. Hanya memilih orang-orang yang memang ia mau, dan tentu harganya juga jauh lebih tinggi. Konon biaya satu malam oiran setara upah satu tahun penjaga warung.

Secara sosial, pada saat itu profesi ini termasuk dihormati dan diidolakan. Berbanding jauh tentunya dengan status sosial wanita panggilan saat ini. Dan semenjak dibuatnya hukum anti prostitusi pada 1957 di Jepang, profesi ini perlahan menghilang, digantikan oleh Geisha yang menawarkan hiburan lebih ringan dan yang paling penting harganya jauh lebih murah dan merakyat.

Saat ini, di Jepang masih ada sekitar lima Tayu (berbanding jauh dengan geisha yang jumlahnya ratusan) namun mereka sudah tidak lagi menawarkan hiburan intim. Hal yang sama juga pastinya akan diterapkan di One Piece. Oiran di sana pasti dibuat hanya seperti apa yang Robin lakukan namun lebih mengkhusus ke istana. Tidak mungkin juga kan One Piece menampilkan adegan yang tidak-tidak?

Bahkan di pertanyaan terakhir SBS Volume 91 kemarin, Oda dengan bercanda kembali menekankan kalau One Piece itu terbit di majalah Shonen (remaja) bukan majalah dewasa.

Parade oiran masih rutin dilakukan setiap tahun. Ada banyak videonya di Youtube jadi kalau penasaran kalian bisa mencarinya sendiri dengan kata kunci Oiran Dochu Parade.


Kamuro adalah asisten oiran. Seorang oiran biasanya memiliki beberapa kamuro, biasanya anak-anak berusia kurang dari 10 tahun. Mereka juga bertugas untuk membangun mood yang bagus, jadi harus sering melucu dan tertawa. Mungkin itu juga yang Oda lakukan pada sosok Toko.

Toko yang selalu tersenyum bahkan saat menangis pun mengingatkan kita pada sosok kecil Koala, yang pernah diperbudak hingga saking traumanya jadi tersenyum terus menerus karena takut disiksa. Untungnya kelompok bajak laut manusia ikan Sun Pirates menolongnya.


Berbeda dengan Koala, tawa Toko jauh lebih iklas. Bukan karena siksaan di lingkungan kerjanya. Ia juga sempat melucu dengan memperkenalkan dirinya sebagai O-Toko, di sana tiap wanita memang kerap mendapat imbuhan O di depannya seperti misal O-Robin atau O-Nami. Yang membuat lucu adalah Otoko dalam Bahasa Jepang bisa juga berarti laki-laki.

Selanjutnya mari kita bahas mengenai sang Oiran idola: Komurasaki.

Komurasaki diceritakan sebagai seorang oiran paling diidolakan di Wano, sosoknya begitu dihormati bahkan melebihi sosok dewi sekalipun. Sosoknya begitu sempurna dan tiada duanya. Mengingat Wano begitu tertutup dari negeri luar, wajar nama-nama besar lait di dunia kecantikan seperti misal Hancock atau Shirahoshi tidak sampai ke telinga mereka.

Komurasaki adalah nama seorang oiran sungguhan di Jepang pada abad ke-18. Oda sepertinya memperoleh inspirasi darinya.

Komurasaki adalah oiran yang sangat terkenal pada saat itu, dan bahkan masih sering ditaruh pada objek-objek kesenian seperti misal lukisan atau drama. Komurasaki jatuh cinta pada seorang pria biasa bernama Hirai, yang berniat untuk membeli kebebasannya meski harus mengumpulkan uang dengan cara mencuri. Namun pada akhirnya ia ditangkap dan dieksekusi mati. Ketika seorang pria kaya raya ingin menikahi Komurasaki dan membeli kebebasannya, Komurasaki lebih memilih untuk bunuh diri di depan makam Hirai.

Itu tadi sepintas mengenai Komurasaki di Jepang sana, lantas bagaimana dengan Komurasaki di Chapter 927? Ada satu detail yang mungkin dilewatkan oleh beberapa pembaca. Motif pakaian yang ia kenakan pasa saat iring-iringan mirip dengan motif pakaian yang dikenakan oleh perempuan bertopeng yang terlihat membuka dan menutup tirai di arc Wano.


Awalnya perempuan itu terlihat seperti tambahan semata yang Oda sisipkan untuk menimbulkan kesan drama tradisional Jepang ke arc ini, tapi bisa jadi sosok itu benar-benar akan menjadi karakter dalam cerita. Mungkin memang dialah Komurasaki sang idola seluruh pria dan perempuan Wano.

Banyak orang menduga kalau Komurasaki adalah Hiyori, adik Momonosuke. Sejauh ini, bukti-bukti mengenai hal itu masih belum ada. Namun secara plot, hal tersebut sangat masuk akal karena agaknya tidak mungkin Oda membuat sosok adik Momonosuke hanya untuk dibunuh begitu saja. Pasti ada peran khusus yang akan ia pegang pada arc ini.

Masalahnya, kenapa Orochi yang dikatakan takut akan ramalan pembalasan malah membiarkan keturunan Oden tetap hidup? Kalau memang benar tentu jawabannya karena Komurasaki merahasiakan identitasnya. Ia bahkan mengganti nama. Dan seorang anak yang pada insiden penyerangan Kaidou masih begitu kecil tentu tak akan bisa melakukan semuanya seorang diri, seseorang pasti menolongnya. Orang itu siapa?

Sebaiknya kita cukupkan sampai sini dulu, sebelum teorinya semakin jauh dan ngelantur. Lagipula dari kerangka ceritanya, sepertinya kita akan mendapat konfirmasi mengenai siapa Komurasaki sebenarnya dalam waktu dekat. Terlebih, Robin juga diundang untuk menghadiri pesta yang sama yang akan Komurasaki hadiri. Pada pertemuan itu, pasti akan ada banyak info-info baru mengenai Komurasaki yang bisa kita dapatkan.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments