Friday, November 2, 2018

thumbnail

Kaidou: Manusia Pemakan Buah Naga atau Naga Pemakan Buah Manusia?

Perdebatan terjadi bahkan sejak beberapa chapter yang lalu, tepatnya di Chapter 921 ketika Kaidou untuk pertama kali memperlihatkan wujud naganya.

Orang-orang tentu saja langsung membuat asumsi, dan yang paling umum tentunya berpikir kalau Kaidou adalah seorang pemakan buah zoan, Hebi Hebi no Mi tipe Naga. Namun sebagian lain, dan bahkan cukup banyak jumlahnya, meyakini kalau Kaido adalah naga yang memakan buah zoan Hito Hito no Mi model iblis. Mirip-mirip Chopper yang memakan Hito Hito no Mi model Manusia, atau Sengoku yang memakan Hito Hito no Mi model Budha.

Lantas manakah yang benar? Yang pasti sampai chapter terbaru One Piece 923, belum ada satu halaman pun yang mengatakan dengan resmi kalau Kaidou adalah seorang pemakan zoan tipe naga atau manusia.


Ada satu fakta menarik jika Kaido memang pemakan buah zoan. Apabila hal ini dikonfirmasi, maka Yonkou saat ini akan memiliki keseimbangan dalam segi kekuatan.

Kurohige: Logia
Big Mom: Paramecia
Kaidou: Zoan
Shanks: Haki

Kembali ke pertanyaan utama, Kaidou itu pemakan zoan naga atau zoan manusia? Tiap pilihan memiliki alasan-alasan sendiri yang mendukungnya. Mari kita mulai terlebih dahulu dari alasan-alasan yang memperkuat kalau Kaidou adalah manusia pemakan Buah Iblis Naga. Setelah ini baru alasan-alasan yang mendukung sebaliknya.

1. Perkataan Kinemon di Chapter 922 dan anak buah Kaidou di Chapter 923. Kinemon mengatakan kalau "Kaido bisa berubah menjadi naga" dan kalimat ini digunakan oleh berbagai situs penerjemah manga, bahkan sampai versi resmi VIZ pun juga menggunakan istilah yang sama. Tapi tentu saja, hal ini tak lantas mengkonfirmasi jenis buah iblis Kaidou. Selanjutnya di Chapter terbaru 923, ketika wujud naga Kaido dihajar Luffy dan hingga akhirnya ia terjatuh dan menjadi manusia, anak buah Kaidou berkata kalau ia "kembali" ke wujud manusia. Dengan kata lain, wujud aslinya memang manusia. Tapi sekali lagi, hal ini tak lantas mengkonfirmasi jenis buah iblis Kaidou.

2. Sinopsis pengenalan Kaidou. Masihkah kalian ingat bagaimana Kaidou diperkenalkan pada panel di kemunculan pertamanya?

-Kaidou pernah merasakan 7 kali kekalahan sebagai bajak laut
-Kaidou pernah ditangkap oleh Angkatan Laut dan musuh-musuh lainnya 18 kali
-Kaidou pernah mengalami puluhan ribu siksaan
-Dihukum mati 40 kali: Digantung talinya putus, dipenggal pedangnya patah
-9 kapal perang tempat ia ditangkap ditenggelamkan

Dari fakta-fakta di atas, tentu bisa kita simpulkan kalau hal itu terjadi pada Kaidou yang berada di wujud manusia. Orang waras macam apa yang mengeksekusi naga dengan cara digantung?

Ada satu celotehan umum yang sering sekali keluar di kalangan para pecinta One Piece: Kalau Kaidou pengguna buah iblis, kenapa tidak menggunakan batu laut saja? Jawabannya sebenarnya mudah sekali: Sudah.

Kalian pikir bagaimana bisa Kaido sampai digantung atau bahkan dibawa ke hadapan algojo untuk dipenggal? Atau bagaimana bisa ia ditahan di atas kapal angkatan laut dan disiksa? Tentu saja terlebih dahulu ia ditahan menggunakan batu laut. Ketika ditahan menggunakan batu laut, tentu Kaidou tidak bisa menggunakan kekuatannya, dan kembali ke wujud semula, wujud manusia. Masalahnya, dalam kondisi lemah pun, fisik Kaidou masih sangat kuat.

Ibaratnya seperti ini, bayangkan kalian berhasil menangkap sesosok raksasa dan membiusnya. Walaupun si raksasa tenaganya melemah, tapi tetap saja kulitnya sekeras baja, mungkin lebih. Jadi bukan berarti dengan membuatnya lemah, Kaidou bisa dibunuh semudah itu.

3. Kemampuan Zoan Momonosuke. Sekilas mungkin ada yang beranggapan kalau zoan tipe naga kan sudah dimakan oleh Momonosuke, dan seperti yang kita tahu buah iblis tidak ada yang memiliki kekuatan sama, lantas bagaimana bisa Kaidou juga memakan buah tipe naga?

Namun perlu diingat, yang dimakan oleh Momonosuke adalah buah iblis buatan, buah iblis yang diciptakan oleh ilmuan jenius Vegapunk. Hal ini justru makin mendukung kalau Kaidou adalah manusia pemakan buah naga. Sebagaimana yang kita ketahui sampai sejauh ini, buah-buah iblis buatan memiliki tipe  zoan. Dan kalau Vegapunk ingin membuat zoan buatan, tentunya dia ingin membuat yang paling kuat, kan? Buah apa itu, apa lagi kalau bukan Zoan Naga Kaidou.

Jadi, buah buatan yang dimakan oleh Momonosuke terinspirasi dari Zoan Kaidou.

4. Kondisi fisik wujud manusia Kaido. Chopper, setelah memakan buah Hito Hito no Mi model manusia, wujudnya masih lebih menyerupai rusa. 80% rusa, sementara Kaido, penampilannya malah bisa dibilang masih sangat menyerupai manusia.

Selanjutnya, mari kita bahas hal-hal, alasan-alasan yang memperkuat kalau Kaidou bukanlah manusia, melainkan Naga yang memakan buah Manusia.

1. Tidak ada konfirmasi meski sudah lewat beberapa Chapter, hal ini tentunya menimbulkan banyak kecurigaan. Informasi mengenai Kaidou adalah yang paling dirahasiakan oleh Oda di antara Yonkou lainnya. Pada SBS, Oda sudah menunjukkan wujud masa kecil Shirohige, Kurohige, Shanks, bahkan Big Mom. Oda juga sudah menunjukkan umur mereka, namun tidak dengan Kaido.

Apakah Kaido tidak memiliki masa kecil sebagai manusia? Makanya tidak heran kalau banyak yang menduga kalau ia aslinya adalah naga.

2. Julukan Kaido sebagai mahkluk terkuat di dunia. Kaido tidak disebut sebagai manusia terkuat melainkan mahkluk terkuat, membuat banyak yang berpikir kalau Kaido bukanlah manusia. Big Mom juga sempat merujuk Kaido dengan sebutan mahkluk itu, buka orang itu. Tapi hal ini sebenarnya bisa mengkonfirmasi juga, mengingat manusia pun adalah bagian dari mahkluk, jadi tidak salah menyebut Kaido sebagai mahkluk terkuat meski pun ia memang manusia. Karena faktanya, ia memang mahkluk terkuat.

Sebelum kekuatan buasnya sebagai naga terlihat di Chapter 922, banyak yang menyangsikan hal ini. Oke Kaidou kuat, tapi apa dia lebih kuat dari Sea King yang Zou yang ukurannya sebesar pulau itu? Jack dan armada kapal tempurnya saja dihabisi hanya dengan satu hempasan belalai. Namun melihat daya hancur Kaidou di Chapter 922, yang mampu mencompangkan gunung dengan satu tembakan, sepertinya kekuatan Kaidou sudah tidak perlu diragukan lagi. Apalagi ia mampu terbang dan jauh lebih lincah, one by one melawan Zou tentunya akan dimenangkan dengan mudah oleh Kaidou.

3. Wujud manusia Kaidou lebih kuat dari wujud naganya. Ada beberapa orang berpendapat seperti ini setelah membaca Chapter terbaru 923, meski kalau dipikir-pikir lagi tampaknya hal ini tidak benar.

Asumsi ini muncul setelah Luffy mampu menghajar wujud naga Kaidou hingga ia tumbang, namun sebaliknya ketika Kaidou berada dalam wujud manusia, gantian ia yang mampu menumbangkan Luffy.

Hal ini sebenarnya bisa dilihat dari perspektif yang berbeda. Bisa jadi Kaidou memang sengaja kembali ke wujud manusia karena ia merasa kalau dalam wujud itu, pertarungan melawan satu individu akan jadi jauh lebih efektif. Dalam wujud naga raksasa, ketika melawan satu musuh sekecil Luffy, Kaidou akan menjadi sasaran yang empuk, dan serangannya pun susah difokuskan dan justru lebih banyak merusak area pertempuran mereka.

Kalau soal kekuatan, daya hancur, kecepatan, jelas wujud naganya jauh lebih unggul. Sekali lagi, semburan naga Kaidou mampu menghancurkan gunung dengan sekali serangan. Jika musuhnya berukuran raksasa, atau armada laut yang sangat banyak jumlahnya, Kaidou tentu akan memilih untuk mengamuk dan menyerang dengan menggunakan kekuatan naganya.

Tapi jika musuhnya hanya satu orang, jelas wujud manusia adalah pilihan yang lebih baik. Kaidou di wujud naga lebih cepat dalam urusan jarak jauh, namun dalam pertarungan satu lawan satu, wujud manusianya jauh lebih lincah. Kaidou juga bisa memfokuskan kekuatan serangannya pada satu individu musuh: Luffy.

Jadi kesimpulannya, konfirmasi resmi masih belum ada. Namun jika disuruh memberi persentasi, secara pribadi penulis berpikir kalau kemungkinan:

Kaido manusia (atau iblis) pemakan zoan tipe naga: 80%
Kaido naga pemakan buah zoan manusia tipe iblis: 20%

Tunggu dulu, Kaidou disebut sebagai mahkluk terkuat di darat, langit, dan laut. Bagaimana bisa pengguna buah iblis menjadi yang terkuat di laut!? Hal ini akan kita bahas pada tulisan-tulisan berikutnya.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

4 Comments

avatar

Masuk akal, kalo dari naga makan buah manusia harusnya sisikan (kaya Chopper buluan) sementara Kaido sisiknya cuma tato di tangan kiri

Reply Delete