Sunday, December 23, 2018

thumbnail

Konfrontasi Kid vs Big Mom dan Red Hair Pirates

One Piece Chapter 928 memberi info yang penting mengenai alasan kenapa Kid kehilangan tangannya. Rumor yang beredar seperti yang dikatakan oleh Caribou, Kid kehilangan tangannya setelah ia berusaha untuk melawan Big Mom. Namun Kid langsung mengoreksi hal itu dan mengatakan yang sebenarnya di mana tangannya hilang saat berhadapan dengan Red Hair Pirates.

Kesalahpahaman sempat terjadi ketika terjemahan versi Jaiminisbox menyebut kalau Kid pergi menyerang salah satu Sweet Commander untuk membalas temannya yang dilukai, tapi kemudian hal ini dikoreksi. Terjemahan yang benaradalah: Kid melukai salah satu Sweet Commander, dan kabur setelah berhasil memperoleh apa yang ia inginkan.

Terjemahan resmi dari Viz rilis awal lebih minggu ini, dan di sana pernyataan tersebut dikonfirmasi.


"Aku tidak pernah mencoba mengincar Big Mom. Yang aku lakukan hanya melukai salah satu jendralnya dan mengambil apa yang ingin kuambil. Aku kehilangan tanganku ini pada pertarungan dengan Red Hair Pirates sebelum itu."

Pada artikel ini, kita akan membahas konfrontasi Kid vs Big Mom, mengenai pertarungan Kid vs Red Hair Pirates bisa kalian baca di: Konfrontasi dengan Red Hair Pirates dan Penyebab Kid Kehilangan Tangan Kirinya

Kid vs Big Mom Pirates

Dua pertanyaan paling mendasar yang muncul di benak sebagian besar pembaca setelah mengetahi pertarungan antara Kid dan Sweet Commander Big Mom adalah, komandan mana yang ia lawan dan lukai? Sesuatu apa yang diambil oleh Kid sebelum dia kabur?

Pertama, di antara keempat Sweet Commander Big Mom, yang paling mungkin dimaksud oleh Kid adalah Cracker.

Sebelum menerima serangan dari Luffy, Katakuri sudah sangat lama tidak terkena serangan. Ia bahkan tidak ingat sudah berapa tahun lamanya semenjak terakhir kali ada orang yang berhasil menyerangnya.


Kid tak mungkin melukai Katakuri karena kejadian ia menyerang dan sampai menenggelamkan dua kapal Big Mom baru terjadi beberapa hari pasca insiden Pulau Manusia Ikan.

Smoothie mungkin saja, namun Cracker lebih mungkin karena bagaimana pun dialah yang paling jelas terlihat memiliki luka. Sebuah luka besar berbekas di bagian kanan wajahnya. Jika Kid berhasil memperoleh apa yang ia inginkan dan ingin kabur, sangat masuk akal kalau ia mengincar mata musuhnya.

Kalau matanya luka, mengejar juga jadi susah, kan? Kid pun berhasil lolos.

Ada juga yang berpendapat kalau komandan yang dimaksud adalah Snack, yang saat ini sudah menjadi mantan komandan setelah dikalahkan oleh Urouge. Jadi Kid melukai Snack dulu, baru kemudian Urouge mengalahkannya.

Waktunya bisa dicocok-cocokkan, dan Urouge yang kemudian berada di pulau langit tepat di atas markas Bajak Laut Kid mungkin juga bukan sesuatu yang kebetulan. Namun kemungkinan ini sangat kecil. Terlebih aneh sekali kalau Kid hanya bisa melukai Snack sementara Urouge bisa mengalahkannya. Dan dari reputasi generasi terburuk yang Brulee sebut di Chapter 837, hal ini sepertinya memang tidak benar.

Intinya, kemungkinan terbesar komandan yang Kid maksud adalah Cracker. Dan pasti ada alasan juga Oda membuat desain Cracker, memberinya bekas luka yang jelas terlihat. Mungkin inilah jawabannya.

Pertanyaan berikutnya, hal apa yang diambil oleh Kid dari Big Mom?

Banyak sekali yang menduga kalau sesuatu yang dimaksud itu adalah salinan Road Poneglyph seperti yang berhasil Luffy ambil. Meski terdengar keren dan sekilas masuk akal, asumsi ini muncul hanya karena Luffy baru-baru ini berhasil mendapatkannya dan hanya itu satu-satunya harta Big Mom yang kita anggap penting.

Kalau dipikir-pikir lagi, ada banyak sekali fakta-fakta di cerita yang menentang hal ini.

Pertama dari sisi Poneglyph itu sendiri, pengetahuan mengenai Road Poneglyph bukanlah sesuatu yang umum di kalangan bajak laut. Luffy saja baru tahu setelah mendengar penjelasan dari Inuarashi yang notabene pernah berada di Kapal Raja Bajak Laut. Kalaupun Kid entah bagaimana bisa tahu soal itu, ia juga perlu orang yang bisa membaca isi Poneglyph, dan sejauh ini yang kita tahu hanya Robin. Robin spesial dan dianggap berbahaya oleh Pemerintah Dunia karena itu.

Oke, bisa jadi Kid juga memiliki kru yang mampu membaca Poneglyph. Terlebih kita tahu Kid berasal dari West Blue, dan Perpustakaan Ohara juga ada di West Blue. Mungkin saja selain Robin ternyata ada juga orang lain dari sana yang berhasil kabur dan akhirnya bergabung bersama Kid, atau malah dia sendiri yang bisa. Mungkin saja, dan sangat masuk akal karena lautan asal mereka sama.

Tapi kalaupun dua syarat itu terpenuhi:
Kid tahu soal Road Poneglyph dan punya anggota/bisa membaca Poneglyph.

Tetap ada fakta lain yang cukup sulit untuk dibantahkan. Road Poneglyph tersimpan rapat di ruang penyimpanan harta Big Mom, tempat yang berada jauh di pusat wilayah kekuasaan Big Mom yaitu Whole Cake Island.

Sehebat apa Bajak Laut Kid jika ia mampu menyusup sampai sejauh itu dan berhasil kabur dengan selamat? Luffy saja saat menyusup perlu bantuan Pekkoms dan Pudding. Kabur pun mereka dibantu oleh Jinbe dan para Mink.

Terlebih kalau Kid memang bisa sampai ke WCI, lebih-lebih ke ruang harta, Big Mom pasti akan sangat marah. Tahu sendiri bagaimana marahnya dia saat tahu Brook menyusup ke ruang hartanya.

Nyatanya saat berhadapan dengan Brook, Big Mom berkata kalau dulu ia pernah kecolongan dan Road Poneglyphnya berhasil disalin oleh Roger. Tapi Big Mom sama sekali tidak menyebut-nyebut soal Kid. Ketika Brulee berkomentar terhadap generasi terburuk pun, ia menyebut kalau para supernova yang menyusup ke tempat itu: Kid, Apoo, Urouge, tidak ada yang bisa berbuat cukup jauh dan pada akhirnya kabur. Mereka bahkan tidak sempat melihat langsung apalagi bertemu dengan Big Mom.


Hanya Bege satu-satunya supernova yang menurutnya cukup bijak dan memilih untuk bergabung saja dengan Big Mom. Meski ujung-ujungnya menjadi penghianat. Jadi kalau ada orang Kid yang bisa menyusup sampai sejauh itu dan mengambil salinan Poneglyph tanpa ada seorang pun yang menyadarinya, berarti Kid lebih hebat dari Roger.

Kemungkinan besar kelompok Kid memang hanya masuk sampai ke area luar Totland, karena itu hitungan menenggelamkan dua kapal saja jadi masuk akal. Bandingkan dengan Luffy yang sampai masuk begitu dalam dan mengacak-ngacak WCI, berapa kapal yang mereka tenggelamkan?

Kalau ditanya seberapa besar kemungkinan sesuatu yang Kid maksud adalah Road Poneglyph? Sepertinya kurangdari 20%

Kalau begitu lantas apa yang dicuri? Tak perlu berpikir terlalu jauh, bisa jadi ia hanya merampas hal-hal biasa. Bagaimana pun mereka adalah bajak laut, tugasnya memang merampok dari kapal-kapal lain. Kebetulan saja mereka ada di dekat wilayah kekuasaan Big Mom.

Kid menyerang di hari dekat-dekat Pesta Teh, ada banyak sekali tentunya kiriman-kiriman dari luar entah itu harta atau makanan menuju ke wilayah Big Mom. Jadi sangat masuk akal kalau Kid tergiur untuk merampasnya.

Big Mom yang rugi banyak setelah kejadian Kid dikonfirmasi oleh Tamago pada Chapter 651, karenanya ia sampai menyarankan untuk menerima saja harta karun dari Topi Jerami sebagai ganti permen. Dengan harta karun yang sangat banyak itu, paling tidak kerugiannya bisa ditutupi.

Tiga bungkus besar harta Pulau Manusia Ikan yang dibawa Luffy, Zoro, dan Sanji agaknya lebih berharga dari sekadar dua kapal. Jadi semakin tergambar kalau Kid memang mengambil sesuatu yang berharga, bernilai secara ekonomi. Road Poneglyph berharga, tapi sepertinya bukan masalah uang. Kalau yang dicuri adalah salinan Poneglyph, Tamago pasti tidak sampai memberi saran seperti itu.



Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments