Sunday, December 23, 2018

thumbnail

Konfrontasi dengan Red Hair Pirates dan Penyebab Kid Kehilangan Tangan Kirinya

Pasca timeskip, tangan kiri Kid berubah menjadi tangan besi. Dan ternyata tangan besi itu dibuat karena tangan aslinya telah hilang. One Piece Chapter 928 memberi informasi yang penting mengenai hal ini. Meski rumor beredar kalau tangan Kid hilang akibat ingin melawan Big Mom, namun ia mengklarifikasi kalau tangannya hilang karena bertarung melawan Red Hair Pirates alias Bajak Laut Rambut Merah.


Pada vivre card-nya, memang dijelaskan kalau selama dua tahun timeskip, Kid memang kerap terlibat berbagai konflik di New World, dan pertarungannya dengan Kelompok Shanks adalah salah satunya. Sebuah pertarungan yang membuatnya harus kehilangan sebuah tangan.

Sekarang kita tahu itu, tapi bagaimana detailnya?

Pertama-tama, kenapa Kid Pirates bisa bertarung dengan Red Hair Pirates? Sebagai supernova dengan harga buronan tertinggi di Sabaody waktu itu (bahkan lebih tinggi dari Luffy), Kid tentu sangat percaya diri dengan kemampuannya.

Sebagai bajak laut, masuk ke New World pilihannya adalah beraliansi dengan Yonkou atau bertahan sendiri tanpa Yonkou. Orang sekelas Kid, seorang Haki Penguasa, pasti tak ingin menjadi bawahan di sebuah aliansi. Kalau perlu bahkan ingin menjadi orang yang menjatuhkan Yonkou, sebagaimana yang terlihat juga di Chapter 928 di mana ia meski telah dihajar habis tetap ingin mengalahkan Kaidou.

Kenapa Yonkou pertama yang ingin dilawan oleh Kid adalah Shanks?

Banyak orang berpendapat logis, mungkin karena Shanks dianggap sebagai Yonkou yang paling lemah. Tapi apa memang sesederhana itu? Sepertinya kurang fair dan terlalu subjektif untuk menilai kekuatan antar Yonkou sebelum kedua kelompok saling bertarung satu sama lain. Tapi yang namanya kemungkinan, mungkin saja.

Ada juga kemungkinan lain yang sepertinya cukup menarik dan masuk akal: Shanks dan Kid punya hubungan masa lalu khusus. Cukup masuk akal mengingat Shanks suka bepergian ke berbagai lautan. (Empat anggota RHP saja ia rekrut dari keempat lautan)

Hmm... Waktunya untuk berteori.

Kid dan Luffy memiliki banyak kesamaan, meski tentu tak sedikit juga perbedaan/pertentangan di antara mereka. Bisa jadi mereka pun sama-sama memiliki masa kecil yang sama, masa kecil mengagumi Shanks. kedua anak-anak, Luffy dan Kid sama-sama ingin bergabung dengan Red Hair Pirates tapi ditolak, namun dua-duanya punya cara tersendiri untuk membalas hal itu.

Luffy ingin menunjukkan kalau dirinya layak dengan mengumpulkan teman-teman dan membentuk bajak laut yang bahkan melampaui Shanks dan menjadi raja bajak laut.

Kid lebih simple, ia bertekad untuk membuktikan dirinya layak dengan membentuk bajak laut dan kemudian melampaui Shanks dengan melawannya. Namun ternyata dirinya sendiri masih belum cukup, kemudian ia pun membentuk aliansi untuk mengalahkan Shanks.

Lagipula Kid sebenarnya sangat cocok untuk bergabung dengan Red Hair Pirates: rambutnya berwarna merah. Bahkan lebih merah dari Shanks.

Sebelum kita membahas kemungkinan yang lebih besar yaitu tangan Kid dipotong oleh Shanks/salah satu krunya, mari kita bahas peluang lain yang meski kecil namun cukup masuk akal: Kid memotong tangannya sendiri.

Bisa jadi tujuan awal Kid menemui Shanks bukan untuk melawannya, tapi ingin bergabung sebagai aliansinya. Namun Shanks menolak. Jika dulu Luffy ingin membuktikan dirinya tangguh dengan melukai bagian bawah mata kirinya sendiri, mungkin supaya mirip Shanks yang memiliki bekas luka di mata kirinya.


Kid ingin melakukan sesuatu yang lebih ekstrim. Supaya sama dengan tangan Shanks, ia memotong tangannya sendiri. Tapi pada akhirnya Kid tak diterima.

Terdengar konyol, dan kemungkinannya memang kecil, tapi sebelum benar-benar dijelaskan detail kejadiannya seperti apa, kemungkinan selalu ada. Di bawah 5% lah.

Kemungkinan terbesar tentu memang karena terjadi pertarungan. Tetap ada peluang Kid memutus tangannya sendiri supaya bisa bertarung dalam kondisi yang "adil" melawan Shanks. Tapi tentu saja kemungkinan kalau tangannya diputus oleh lawan jauh lebih besar.

Jika memang begitu, lantas siapakah yang memutus tangannya? anggota Red Hair Pirates atau sang kapten sendiri, Shanks?

Pertama, bahkan sejak One Piece Chapter 1, Red Hair Pirates memang sudah diperlihatkan sebagai sosok bajak laut yang bisa ramah namun juga bisa menjadi sangat kejam. Mereka tak segan-segan menembak kepala salah satu anggota bandit gunung.

One Piece biasanya tidak sekejam itu, peluru-peluru biasanya mampu dihindari atau hanya mengakibatkan luka-luka kecil. Jadi, menembak langsung tepat dari samping kepala hingga tembus dan tentu saja meninggal di tempat merupakan sesuatu yang kejam.


Anggota Red Hair Pirates masih begitu misterius. Sejauh ini yang namanya kita tahu hanya Shanks, Benn Beckman, Lucky Roo, Yasopp, dan Rockstar. Dan di antara mereka hanya Shanks dan Rockstar yang bersenjata pedang. Jadi dengan asumsi tangan Kid dipotong menggunakan pedang, maka yang paling berpeluang untuk melakukan itu adalah Shanks.

Ada juga beberapa anggota yang namanya belum diperkenalkan, anggota Red Hair Pirates yang muncul di Marineford yang sepertinya memegang sarung pedang. Tapi berbeda dengan Big Mom, sepertinya Shanks bukan tipe orang yang susah untuk menerima tantangan langsung. Jadi tangan Kid diputus Shanks adalah kemungkinan terbesar.

Mungkin Shanks ingin membuat Kid merasakan bagaimana rasanya memiliki hanya satu tangan, atau mungkin juga itu hanya aksi Shanks supaya pertarungan mereka jadi lebih "seimbang".

Hilangnya satu tangan Kid bisa jadi juga terjadi di akhir pertarungan, bukan awal atau pertengahan. Jadi mereka bertarung dan kemudian bertaruh. Jika Kid menang, ia menginginkan sesuatu dari RHP, jika kalah ia akan menyerahkan tangannya sendiri. Hanya dipotong, bukan diberikan pada Shanks tentunya. Karena setelah timeskip, Shanks sempat muncul di halaman cover One Piece Chapter 838 dan masih hanya terlihat satu tangan.


Detail lebih lanjut mengenai tangan Kid sepertinya akan kita ketahui nanti mengingat ia masih akan sering terlihat karena berada bersama-sama Luffy di Wano. Jika beruntung, kita mungkin akan diberi flashback mengenai apa yang terjadi. Kalaupun tidak, Kid akan memberi info-info lain hanya dari perkataannya, seperti yang sering terjadi di One Piece.

Agak aneh juga ketika Kid menjelaskan mengenai tangannya yang putus dalam pertarungan melawan Red Hair Pirates, menyebutkannya tepat di hadapannya, Luffy tidak terlihat begitu tertarik dan bertanya-tanya lebih lanjut mengenai RHP. Mungkin baginya itu hal biasa, atau mungkin akan dibahas-bahas lagi lain kali.

Semoga kita bisa tahu secepatnya, One Piece Chapter 929 rilis awal Januari 2019

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments