Sunday, December 2, 2018

thumbnail

One Piece Chapter 926: Peran Caribou di Arc Wano

Untuk kalian yang masih belum membaca tulisan tentang kisah Caribou, apalagi jarang memperhatikan cover story dan mengikuti ceritanya, ada baiknya kalian membaca ini terlebih dahulu: Cerita Caribou, dari Pulau Manusia Ikan sampai Wano

Caribou secara mengejutkan muncul di One Piece Chapter 926, meski sebelumnya sudah diperlihatkan kalau ditangkap oleh X Drake dan kemungkinan besar dibawa ke tempat Kaidou, namun melihatnya muncul di chapter ini tetap saja mengejutkan. Untuk apa Oda memunculkannya di sini? Dan peran macam apa yang akan ia dapat di arc Wano ini?


Sebelum menjawab pertanyaan itu, mari kita bahas pertanyaan-pertanyaan lain yang lebih sederhana dulu. Pertama, kenapa Caribou bisa menjadi tawanan di tempat itu? Seperti yang kita ketahui, Kaidou kerap menjadikan bajak laut tawanannya sebagai bagian dari pasukannya. Kenapa hal itu tak lantas ia lakukan juga pada Caribou? Kemungkinan jawabannya ada dua:

1. Caribou terlalu lemah dan dianggap tak layak oleh Kaidou untuk bergabung dengan krunya. Meski memiliki harga buronan lebih dari 200 juta, serta kekuatan buah iblis tipe logia, Caribou memang tak tampak terlalu menonjol dari segi kekuatan. Tak salah jika banyak beranggapan kalau ia adalah pemakan buah Logia terlemah di One Piece. Tapi tetap saja, mengganggapnya tidak layak untuk direkrut terlalu berlebihan. Anak buah Kaidou banyak yang bahkan lebih lemah. Dobon si manusia kudanil juga sepertinya tidak lebih kuat dari Caribou.


2. Tekad Caribou tak mampu dipatahkan Kaidou, sama seperti Luffy dan Kid. Jika bukan karena Kaidou tak menginginkannya, maka kemungkinan lainnya adalah Kaidou ingin ia bergabung tapi Caribou menolak. Kedengarannya mungkin absurd, si Caribou yang kelihatannya tidak ada baik-baiknya ini menolak permintaan bergabung seorang Yonkou. Tapi kalau dipikir-pikir lagi hal ini sangat masuk akal. Sepanjang perjalanan dari Pulau Manusia Ikan sampai akhirnya ia ditangkap oleh X Drake, Caribou sudah banyak berubah. Dari seorang yang tak segan-segan meninggalkan saudaranya yang tertangkap angkatan laut, sampai menjadi pahlawan revolusi yang membebaskan para pekerja paksa di pabrik senjata.


Bisa jadi aksi Caribou membebaskan para pekerja dari perbudakan Scotch si Iron Boy adalah sebuah petunjuk dari Oda kalau hal yang sama akan terulang kembali di sini. Dari seorang bajak laut jahat menjadi pahlawan revolusi. Terlebih untuk hal-hal seperti ini keberuntungannya cukup tinggi. Anggap saja Caribou akan jadi Buggy versi Wano.

Ada banyak sekali hal yang mendukung teori bahwa Caribou akan bergabung dengan aliansi Luffy dan para samurai.

Pertama dan bahkan sejak awal, Caribou muncul karena ingin bergabung dengan Kelompok Topi Jerami. Kalian tentu masih ingat kalau Caribou dan saudaranya Coribou merupakan salah dua dari sekian banyak bajak laut yang waktu itu berkumpul di Kepulauan Sabaody untuk bergabung dengan Kelompok Topi Jerami, yang kemudian diketahui kalau ternyata kelompok itu palsu. Bisa jadi sekaranglah saatnya Caribou bergabung dengan Kelompok Topi Jerami sungguhan. Tidak sebagai kru utama tentunya, paling tidak bagian dari aliansi lain semacam Grand Fleet.

Caribou memiliki hubungan emosional dengan para pekerja yang diperbudak secara tidak adil. Caribou yang dulu mungkin tak akan terlalu peduli, namun setelah kejadian di pulau salju itu, sisi baiknya sepertinya mulai muncul.


Ada satu hal lagi yang mungkin entah kebetulan atau memang sengaja diberikan sebagai petunjuk oleh Oda kalau Caribou akan bergabung dengan aliansi samurai, yaitu janggutnya yang berbentuk bulan sabit mirip lambang klan Kozuki. Tanda bulan sabit di dagunya itu bukan baru ada setelah ia muncul di Wano, melainkan memang sudah ada dari dulu. Satu lagi kejeniusan Oda dalam membangun sebuah plot.

Caribou mungkin tak akan terlalu berguna untuk membantu kekuatan perang. Berkali-kali ia dihajar di Pulau Manusia Ikan mulai dari Sanji, Pekoms, Jinbe. Tapi kekuatan logia lumpurnya akan jadi sangat berguna untuk hal-hal semacam penyusupan. Caribou mampu menggunakan kemampuannya itu untuk menyelip-nyelip dan menyelinap ke berbagai tempat. Ia bahkan bisa menggunakan kekuatan penghisap lumpurnya untuk menyimpan berbagai hal termasuk mahkluk hidup. Cara itu juga yang hendak ia gunakan untuk menculik para putri duyung di Pulau Manusia Ikan. Dan konon penyimpanannya ini tak terbatas, bagaikan kantong ajaib Doraemon.

Entah bagaimana cara orang-orang bernapas di dalam lumpur, tapi yang pasti mereka tidak mati. Saat par putri duyung diselamatkan dan keluar dari lumpur itu, mereka hanya merasa pusing-pusing.

Kemampuan inilah yang tampaknya akan berperan sangat penting dalam rencana penyusupan para samurai ke Pulau Onigashima. Bisa jadi Caribou akan menjadi sosok yang "menampung" mereka semua untuk dibawa ke pulau Kaidou itu. Yah, menampung semuanya mungkin terdengar terlalu ekstrim. Paling tidak beberapa tokoh penting lah, bisa jadi termasuk Luffy.

Jika benar itu terjadi, maka nama Caribou akan masuk ke dalam daftar panjang rekan-rekan yang Luffy dapat dari penjara.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments