Tuesday, December 4, 2018

thumbnail

Fix, Oda Mengkonfirmasi Shirohige Lebih Kuat dari Roger

Volume keempat Vivre Card Databook baru saja dirilis, dan di sana ada satu hal menarik yang dikonfirmasi oleh Oda. Disebutkan kalau Shirohige telah mendapat gelar manusia terkuat di Bumi bahkan sebelum era besar bajak laut, sebelum Roger dieksekusi, saat dia masih menjadi raja bajak laut. Dengan kata lain, Shirohige bahkan lebih kuat dari Roger.


Fans Roger tentu ada yang kecewa, namun jika dipikir-pikir lagi hal ini sangat masuk akal dan logis. Pertama, kita tahu kalau Shirohige memang didukung oleh kemampuan buah iblis yang identik dengan kekuatan penghancur. Ia mendapat gelar manusia terkuat karena dengan kemampuan itu ia dikatakan mampu menghancurkan dunia. Tidak berlebihan, karena dalam kondisi yang sudah menua dan penuh luka serta menahan rasa sakit pun ia mampu memporakporandakan Marineford dengan sekali tinju.

Hal ini berbanding terbalik dengan Roger, kemampuannya cenderung lebih ke arah pemimpin, sama seperti yang Luffy miliki: Kekuatan untuk menjadikan orang-orang kuat sebagai rekannya. Secara fisik mungkin kekuatan seperti itu bukanlah yang terkuat, namun menurut Mihawk hal itu merupakan kekuatan paling berbahaya di lautan. Sebagaimana yang ia sebutkan saat melihat Luffy mampu menjadikan Crocodile, Buggy, bahkan Shirohige dan krunya sebagai rekan di One Piece Chapter 561.


Kemampuan Roger sebagai kapten bajak laut dalam merekrut orang-orang kuat memang sudah tak perlu diragukan lagi. Paling tidak sudah ada tiga orang krunya yang dikonfirmasi memiliki Haoshoku (Haki Penakluk). Bahkan Oden yang begitu dihormati sebagai pemimpin pun, justru menjadikan Roger sebagai pemimpinnya. Roger adalah rajanya raja, jadi sangat pantas ia menjadi Raja Bajak Laut. Meski sekali lagi, kalau saling beradu banyak-banyakan hancurin pulau, Shirohige pasti menang.

Roger tak hanya mampu menjadikan orang-orang kuat sebagai krunya, ia bahkan mampu menjadikan saingan dan musuhnya sebagai rekan. Shirohige termasuk salah satunya, meski dianggap bersaing keduanya memiliki hubungan yang sangat dekat. Roger bahkan menjadikan Garp, yang logikanya sebagai angkatan laut adalah musuh menjadi rekannya. Garp sampai rela menjaga dan mengamankan putra Roger, Ace, yang diburu untuk dibunuh oleh Pemerintah Dunia.


Hal ini menjadi faktor terbesar yang memberatkan teori-teori yang beredar mengenai tubuh Roger yang disimpan oleh Pemerintah untuk kemudian dihidupkan kembali atau dijadikan sebagai senjata manusia layaknya Kuma. Yang membuat Roger menjadi raja bajak laut bukan kekuatan fisiknya, jadi menjadikan tubuhnya sebagai senjata adalah tindakan yang sangat tidak efisien. Moriah pun tampaknya lebih tertarik untuk memiliki tubuh Oars dengan bayangan Luffy dibanding tubuh Luffy dengan bayangan Oars.

Satu hal yang membuat Luffy menonjol dibanding dua rekan satu generasinya, Law dan Kid memang tak lain adalah kru mereka.

Bisa dilihat betapa jauh perbandingan kekuatan kru mereka. Hanya ada tiga kru Kid Pirates yang namanya kita kenal, dan yang cukup kuat dan bisa dipertimbangkan hanya Killer. Sisanya kru-kru kapal yang tak terlalu memiliki dampak. Heart Pirates juga tak memiliki banyak kru kuat, titik kuat mereka terlalu bertumpu pada Law. Jean Bart anggota baru yang mereka rekrut di Sabaody terbilang cukup kuat, dan konon merupakan mantan kapten Bajak Laut yang ditakuti. Namun susah untuk membayangkan dia ada pada level yang sama dengan Zoro atau Sanji. Dan Bepo lebih mirip maskot. Sorry Bepo. Shachi termasuk salah satu anggota yang paling disorot, tapi ia hampir pingsan oleh Haki Rayleigh.


Di sisi lain, Bajak Laut Topi Jerami sangat solid. Kekuatan mereka rata bukan hanya di Luffy. Sekarang Luffy bahkan memiliki orang sekelas Shichibukai di kapalnya, Jinbe. Yaps, di Vivre Card ini juga dikonfirmasi kalau Jinbe telah resmi bergabung dengan Bajak Laut Topi Jerami. Dengan kemampuannya yang sangat luar biasa dalam mengurus laut, ia menjadi juru kemudi kapal Topi Jerami.

Setengah Kelompok Topi Jerami bahkan memiliki harga buronan di atas 100 Juta Berry. Dan tak hanya kru, Luffy juga mampu mendapat Grand Fleet dengan ribuan anggota, bersahabat dengan kerajaan-kerajaan yang diselamatkannya, sampai-sampai membuat wanita Shichibukai sekelas Hancock jatuh hati.

Hal ini juga sekaligus mengkonfirmasi kalau seseorang tidak perlu menjadi yang terkuat untuk menjadi raja bajak laut. Jadi jangan terlalu berharap kalau Luffy akan bisa mengalahkan Kaidou dalam duel satu lawan satu.

Kaidou sangat kuat, dikenal bahkan sebagai tak hanya orang terkuat namun Mahkluk Terkuat di Dunia. Namun sayangnya ia tak memiliki kemampuan dalam merekrut rekan seperti Roger atau Luffy. Bisa dilihat, anggota bajak lautnya yang cukup bisa diperhitungkan sepertinya hanya ketiga All-Stars.

Satu tingkat di bawah All-Stars yaitu Headliner, sejauh ini sudah ada empat yang dimunculkan dan semuanya tak terlalu impresif. Holdem kalah hanya dalam hitungan detik, Speed malah berhasil dijinakkan oleh anak-anak, dan Dobon si wakil sipir bahkan kalah oleh Luffy dan Kid dalam kondisi terantai batu laut.


Nama-nama headliner yang bisa diperhitungkan justru muncul dari bagian generasi yang memang ingin bergabung dengan Kaidou seperti X Drake, atau kapten-kapten yang tampaknya terpaksa seperti Hawkins. Kaidou bersusah payah merekrut orang kuat dengan cara kekerasan, dengan harapan untuk bisa menggoyahkan semangat mereka. Hal itu dilakukan pada Kid dan Luffy dan sampai sekarang ia belum berhasil.

Yonkou lainnya yaitu Big Mom memiliki kru berkemampuan tempur tinggi. Baik dari segi jumlah maupun kekuatan. Namun hampir semua dari mereka adalah anak-anak atau menantunya, bukan orang-orang yang ia rekrut satu-satu.

Tersisa dua Yonkou, nah dua ini sepertinya cukup bersaing dalam kekuatan membangun rekan.

Shanks tampaknya mewarisi kemampuan ini langsung dari sang mantan kapten, Gol D Roger. Dari semua kru Raja Bajak Laut yang telah tersebar, entah memilih untuk pensiun atau bisa jadi sudah mati, Shanks-lah yang paling baik dalam melanjutkan kiprah sebagai kapten bajak laut. Dan sama seperti Roger, Shanks juga tak hanya mampu menjadikan kru sebagai kawan.

Shanks mampu menjadikan Mihawk, rivalnya sebagai kawan dan tak segan-segan untuk saling minum bersama. Mantan Fleet Admiral Sengoku menghormatinya, dan dari kemunculannya di hadapan Gorosei bisa kita ambil kesimpulan kalau Shanks bahkan mampu membangun hubungan dengan Pemerintah Dunia.

Kurohige di sisi lain memiliki pendekatan yang berbeda dari cara merekrut anggota, namun yang pasti kemampuannya sama-sama hebat. Armada besarnya terdiri dari 10 kapten yang masing-masing memiliki nama besar, seperti yang sudah dibahas di: 10 Kapten Kelompok Bajak Laut Kurohige

Kaidou boleh saja mendapat gelar Mahkluk Terkuat di Darat, Langit, dan Laut. Namun jika Kurohige tertarik, tampaknya ialah yang paling dekat untuk menjadi raja bajak laut. Walaupun sepanjang cerita hal itu tak akan terjadi karena tentu saja yang akan menjadi raja bajak laut adalah kapten favorit kita semua Monkey D Luffy!!

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments