Thursday, January 24, 2019

thumbnail

Bahas Tuntas Shogun Wano dan Pertemuannya dengan CP0

Tulisan ini sebenarnya sudah mau dirampungkan sejak berminggu-minggu yang lalu, namun baru selesai sekarang karena ada banyak urusan kuliah. Beberapa hari ini jadi jarang posting lagi, dan mungkin masih begitu selama beberapa hari ke depan. Semoga nanti bisa rajin posting lagi, semangat!!

Bahas Tuntas Shogun Wano dan Pertemuannya dengan CP0

Sosok Shogun Wano, Kurozumi Orochi telah disebut tepat 111 chapter sebelum pengenalannya di Chapter 929, yaitu pada One Piece Chapter 818 ketika Kinemon dkk sambil menangis berlutut menceritakan kematian Oden oleh Shogun Wano dan Bajak Laut Kaidou.

Sejak saat itu, berbagai spekulasi mengenai Shogun Wano muncul.


Dulu, bahkan ada yang berpikir kalau Kaidou adalah Shogun Wano, meskipun sejak awal sebenarnya sudah dijelaskan kalau mereka adalah dua orang yang berbeda. Shogun memimpin Wano, Kaidou memberinya dukungan kekuatan.

Nama Kurozumi Orochi akhirnya muncul 20 chapter yang lalu, tepatnya di One Piece Chapter 909 yang sekaligus membuka arc Wano. Lima chapter kemudian di One Piece Chapter 914, sifat anti pemberontakannya terlihat ketika salah seorang anak buah Kaidou mencoba untuk membunuh Tsuru hanya karena dia mengatakan hal-hal jelek mengenai Orochi. Lalu lima chapter berikutnya di One Piece Chapter 919, kita mendapat informasi dari anak-anak Wano bahwa Orochi dikenal sebagai pengguna gaya dua pedang.

Pasca munculnya informasi itu, hype samurai Orochi meningkat. Sosoknya digadang-gadang akan muncul sebagai kesatria dua pedang berpenampilan sangar yang akan menjadi lawan hebat untuk Zoro. Meski pada akhirnya ketika Orochi muncul, orang-orang yang mendukung prediksi ini pasti kecewa. Meski keren/tidak itu relatif, tapi sepertinya kita bisa sepakat bersama-sama kalau Oda memang sengaja membuat desain Orochi "tidak keren".


Sejak awal, sebenarnya memang sudah banyak yang mengira hal ini. Desain-desain orang Wano memang terkadang agak-agak. Kinemon mungkin terbilang cukup normal, postur tubuhnya cukup oke, meski ia bisa bicara lewat pantat.

Ketika Kanjuurou muncul, gambaran pembaca mengenai para samurai Wano mulai berubah. Terlebih setelah melihat karya-karya lukisannya yang terlalu seni. Kemudian saat Raizou muncul, harapan akan sosok keren dari Wano semakin kecil.

Oda tak berhenti sampai sana mengeluarkan desain-desain aneh. Ketika sampai Wano, pasukan hewan buas Kaidou yang ditampilkan sangar di siluet ternyata muncul dengan tampilan nyeleneh. Beberapa Gifter dan  Headliner punya penampilan yang kocak.

Kembali ke Shogun, penampilannya yang berlebih, dengan ukuran kepala puluhan kali manusia normal ini mungkin saja baru tumbuh selama ini menjadi penguasa Wano. Nanti kalau ada flashback yang memperlihatkan dirinya 20 tahun yang lalu, ketika masih lebih muda, mungkin saja dia keren.

Coba perhatikan gambar Shogun di atas. Ukuran mulutnya bahkan lebih besar dari kepala Wanita yang dirangkulnya. Pertanyaan penting muncul, bagaimana cara mereka ciuman? Tidak, tidak, ini bukan pertanyaan penting.

Berbeda dengan para anak buah Kaidou pemakan buah Smile yang bagian-bagian tubuhnya berubah menjadi hewan secara permanen, Orochi kelihatannya memakan buah iblis asli. Dirinya mampu berubah menjadi naga berkepala banyak sesuai keinginannya. Selanjutnya yang bisa kita tunggu adalah bagaimana desainnya saat berada di wujud naga berkepala banyak, karena selama ini yang kita lihat hanyalah siluet.

Satu hal yang pasti, kepala naga Orochi gampang untuk dibedakan antara kepalanya yang asli dan kepala-kepala lain yang tumbuh. Hal ini bisa dilihat dari rambut kuncirnya yang tetap ada meski sudah berubah ke wujud naga.


Selain itu kemunculan siluetnya ini mengkonfirmasi kalau jumlah kepalanya memang tidak pasti, sebelumnya terlihat ada lima dan kali ini ada tiga. Bisa jadi Orochi memang bisa memunculkan sampai delapan kepala atau sebanyak yang ia mau.

Pada siluet ini juga, kita bisa melihat pertemuan Orochi dan tiga anggota CP0. Sesuatu yang mengejutkan, meski hubungan ini sebenarnya tidak setiba-tiba itu. Mari kita bahas mengenai pertemuan ini, Pertemuan Shogun Wano Kurozuki Orochi dan CP0.

CP0 yang datang terdiri dari tiga orang, dan semuanya masih tidak diketahui namanya siapa. Dua CP0 yaitu yang duduk di tengah dan sebelah kanannya sudah sempat muncul di Dressrosa:


Sementara yang paling kiri sosok baru yang baru diperlihatkan di Chapter ini. Satu lagi anggota CP0 misterius yang muncul di Dressrosa tidak ikut karena sedang berada di Reverie, sebagaimana ia sempat terlihat pada One Piece Chapter 907, ikut bersama Rob Lucci, Kaku, dan Stussy melindungi Tenryuubitou.


Untuk kalian yang masih bingung hubungan antara Wano, Kaidou, CP0, dan Doflamingo, penjelasannya begini. Wano dengan Kaidou sebagai backup adalah negeri penghasil senjata, namun mereka tidak menjualnya langsung begitu saja ke dunia luar. Mereka menjual senjata melalui perantara yaitu Doflamingo. Wano memberi Doflamingo senjata, Doflamingo memberi Wano/Kaidou slime.

Doflamingo inilah yang menyalurkan senjata itu ke berbagai bajak laut, negeri-negeri yang dalam peperangan, termasuk Pemerintah Dunia melalui CP0. Jadi tidak heran kalau Doflamingo dan CP0 memiliki hubungan.

Setelah kekalahan Doflamingo, CP0 akhirnya memutuskan untuk langsung saja memperoleh senjata dari pemasoknya yaitu Wano. Akhirnya mereka pun pergi ke Wano dan menemui Shogun, dan percakapan ini pun terjadi.

Sebelumnya pada One Piece Chapter 925, King berkata pada Jack, "Sekarang setelah perginya Doflamingo, kau tahu kan siapa rekan kerja sama kita berikutnya?"

Rekan baru yang dimaksud sepertinya CP0 ini. Dan mengetahui betapa niatnya Pemerintah sampai-sampai mengirim CP0 langsung ke Wano, Shogun Orochi jadi merasa di atas angin dalam kesepakatan ini. Ia bahkan sampai berani meminta Dr. Vegapunk sebagai imbalannya. Sesuatu yang tentunya mustahil untuk diwujudkan mengingat betapa pentingnya sosok jenius itu bagi Pemerintah Dunia. Di sisi lain Shogun Orochi sangat menginginkan Vegapunk, karena dengan keberadaannya di Wano yang terisolasi ini pasti akan membawa berbagai kemajuan teknologi. Apalagi kalau soal sumber daya, Wano sudah punya.

Shogun Orochi cukup percaya diri, angkuh dengan posisinya sampai-sampai berani menembak CP0, dan mereka tidak berkutik. Tembakan itu tentu saja tidak sampai membunuh CP0, tapi tetap saja itu seperti sebuah penghinaan, dan mereka tidak bisa melawan balik karena memang merekalah yang berada pada posisi menawar.

Sehebat itukah industri senjata Wano sampai-sampai PD "mengemis" untuk membuat kesepakatan kerja sama? Apa tidak ada pemasok senjata lain di luar sana?

Dari berbagai informasi yang Oda berikan di arc Wano, sepertinya hype yang dibangung memang sengaja untuk menggambarkan betapa majunya persenjataan Wano. Mulai dari fakta yang mengungkap bahwa produk batu laut pertama kali ditemukan di Wano, dan hanya pengerajin Wano yang mampu menempa batu laut menjadi berbagai senjata bahkan hingga sekecil paku.

Dan bukan hanya senjata berbahan batu laut, pedang-pedang hebat juga diciptakan di Wano. Sebagai negeri samurai, hal ini tentu sangat wajar. Terlebih di Dunia One Piece, pedang masih merupakan senjata utama di atas pistol.

Jika senjata batu laut dan pedang-pedang berkualitas tinggi masih belum cukup, kemungkinan industri senjata Wano masih menyisakan sesuatu yang begitu berharga yang belum kita ketahui sehingga Pemerintah sangat ingin mendapatkannya.

Bicara soal Pemerintah, hubungan antara mereka dan Wano tentu sifatnya rahasia. Kemungkinan hanya elit-elit yang berada di atas yang mengetahui tentang hal ini, karena bagaimanapun bekerja sama dengan bajak laut non Shichibukai adalah tindak kejahatan. Agak ironis sebenarnya karena bisa jadi Doflamingo ditangkap oleh Angkatan Laut menggunakan rantai batu laut yang ia jual.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments