Tuesday, November 6, 2018

thumbnail

Hubungan antara Sentomaru, Kizaru, dan Negeri Wano

Arc Wano semakin memanas, pertarungan Kaidou vs Luffy dimulai dan berakhir hanya dalam satu chapter. Namun ini tentu tak akan menjadi pertarungan terakhir mereka.

Tapi sudah cukup soal mereka, kali ini kita akan membahas karakter lain yang saat ini berada jauh dari Wano, namun kemungkinan besar memiliki keterkaitan dengan negeri samurai itu:

Sentomaru dan Kizaru.

Sentomaru adalah bodyguard Vegapunk, yang sekaligus saat ini menjadi kapten dari divisi Sains Angkatan Laut. Selama ini ia kita kenal sebagai sosok bertubuh besar ala pesumo bersenjata kapak raksasa yang memimpin pacifista. Penampilan ala sumo, dengan gaya khas Jepang, di mana hal ini cukup jarang ada di One Piece, sudah cukup untuk membuat pembaca bertanya-tanya:

Apakah Sentomaru berasal dari Wano?

Sentomaru juga merupakan karakter pertama di serial One Piece yang namanya diperkenalkan menggunakan kanji (bukan katakana atau hiragana) Sebelum akhirnya kanji terus digunakan untuk memperkenalkan nama-nama karakter dari Wano.

Lantas bagaimana bisa seorang anak Wano, negeri yang sangat tertutup terhadap dunia luar ini, di mana keluar pulau saja merupakan tindak kejahatan bagi penduduknya, kini tergabung dengan Angkatan Laut? Banyak yang beranggapan kalau hal ini ada hubungannya dengan Kizaru.


Di antara semua anggota Angkatan Laut, Kizaru tampaknya merupakan sosok yang paling dekat dengan Sentomaru. Ia bahkan memanggil salah satu dari tiga admiral itu dengan sebutan Kizaru no Ojiki atau Paman Kizaru. Paman dalam hal ini bukan merujuk ke dalam hal keluarga, melainkan lebih ke ucapan hormat.

Banyak yang berpendapat kalau Kizaru entah secara diam-diam atau tidak pernah berada di Wano, dan bisa jadi ia tinggal di sana cukup lama. Bagaimana pun, Kizaru memiliki kemampuan berpedang yang hebat. Meski tidak menggunakan pedang fisik, pedang cahayanya Ama no Murakumo mampu saling beradu dengan Rayleigh.


Jurus-jurus yang ia miliki pun tampaknya sangat terinspirasi dari nama-nama Jepang: Yata no Kagami, Ama no Murakumo, dan Yasakani no Magatama. Bukan nama-nama dalam istilah Jepang biasa, melainkan ketiga nama itu diambil dari Tiga Harta Karun Sakral Jepang.

Ketika Angkatan Laut mendengar mengenai kemungkinan akan terjadinya konfrontasi antara Yonkou Big Mom dan Kaidou di Wano, Kizaru langsung menawarkan diri, "Apa perlu aku pergi ke sana?"

Meski akhirnya Akainu menolak ide itu karena mereka belum tahu pasti mengenai kekuatan para samurai. Mungkin masa lalu Kizaru yang pernah ke Wano memang merupakan rahasia, atau yang dimaksud oleh Akainu adalah mengenai kekuatan para samurai saat ini. Waktu telah berlalu cukup lama, tanpa adanya informasi yang keluar masuk dari Wano, perkembangan yang telah terjadi di sana tentu menjadi sangat misterius.

Jika pada akhirnya Akainu berubah pikiran dan Kizaru pergi ke Wano, seperti yang banyak diharapkan, maka kemungkinan ia juga akan mengajak Sentomaru. Angkatan Laut bahkan bisa jadi termasuk kekuatan yang akan ikut membantu dalam usaha untuk mengalahkan Kaidou.

Baca juga: Bajak Laut, Samurai, Tama - Kekuatan-Kekuatan Penting Dalam Usaha Menjatuhkan Kaido

Saat ini Sentomaru berusia 34 tahun, sementara Kizaru 58 tahun. Jika Kizaru membawa Sentomaru keluar dari Wano pasca berkuasanya Shogun Orochi 20 tahun yang lalu, maka saat itu usia mereka 14 dan 38 tahun.

Sentomaru masuk Angkatan Laut di usia remaja, maka hal ini cukup masuk akal. Dan di usia 38 tahun, Kizaru sudah memiliki pangkat yang cukup tinggi, mengingat ketika perang Edd War terjadi 27 tahun yang lalu saja, Kizaru sudah terlihat mengenakan jubah Angkatan Laut yang menandakan kalau ia cukup memiliki posisi.

Dengan pangkat yang cukup tinggi, bukan tidak mungkin ia dikirim untuk menjalankan misi rahasia untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi di Wano. Terlebih setelah ikut campurnya bajak laut Kaidou ke dalam urusan negeri yang selama ini sangat tertutup itu, bukan hal yang aneh jika Angkatan Laut ingin mencari tahu apa yang telah terjadi.

Menyelesaikan misi dengan membawa seorang anak keluar dari pulau itu sepertinya bukan sesuatu yang buruk. Terlebih pada akhirnya anak itu bisa dilatih dan menjadi aset penting Angkatan Laut seperti sekarang ini.

Detail kecil lain yang mendukung bahwa Sentomaru berasal dari Negeri Wano, bahkan merupakan salah satu pendukung Klan Kozuki adalah, kaki kirinya selalu tampak diperban. Baik di manga maupun anime, bagian kaki kirinya selalu ditutupi. Sebagaimana yang dijelaskan pada One Piece Chapter 920 memiliki tato bergambar bulan sabit di kaki mereka.


Jika benar terdapat logo yang sama di balik perban yang menutupi telapak kaki Sentomaru, maka teori ini pun akan terkonfirmasi. Hingga saat itu terjadi, hal ini tetap hanya akan menjadi teori. Dan bisa jadi juga perban itu hanya hiasan, dan semua hal yang kita bahas tadi hanyalah sebuah kebetulan. Sentomaru atau Kizaru tidak ada hubungan apa-apa dengan Negeri Wano.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

4 Comments

avatar

sentomaru anak hiluluk .. hahaha

Reply Delete
avatar

Di chapter brp bro kizaru menawarkan diri ke wano ? Ane lupa

Reply Delete