Sunday, February 9, 2020

thumbnail

Perbedaan One Piece Episode 921 dengan Versi Manga

One Piece Episode 921 diadaptasi dari sebagian Chapter 927 dan Chapter 928. Sebelum masuk ke pembahasan, pertama-tama jangan lupa untuk follow Twitter @YonkouTerkuat untuk mendapat berbagai update dan twit-twit random seputar One Piece dan Anime/Manga lainnya.

Seperti biasa, beberapa adegan di versi anime ditambah untuk memperpanjang durasi. Perbedaan pertama yang lumayan bisa dilihat adalah momen ketika orang-orang silau melihat kecantikan sang Ouran Komurasaki. Jika di manga, yang silau hanya bapak-bapak, di versi anime ibu-ibu pun ikut silau.


Sebaliknya, ada pula adegan yang malah dihilangankan di versi anime. Pada manga One Piece Chapter 927, kita bisa melihat warga-warga yang mengelu-elukan Komurasaki sampai meneteskan air mata. Sementara di versi anime, semuanya tampak tertawa. Tidak ada yang sampai menangis.


Selain dihapusnya orang-orang yang meneteskan air mata, keberadaan samurai pengawal di belakang Komurasaki pun dihilangkan. Di versi manga, perempuan silau dan meneteskan air mata baru diperlihatkan pada halaman perkenalan Komurasaki.


Hal lain yang juga tidak diadaptasi ke versi anime adalah panel yang memperlihatkan puluhan pria pingsan kehabisan darah karena mimisan saat Komurasaki lewat. Sepertinya adegan "berdarah" ini dianggap kurang layak untuk dijadikan tontonan.

Adegan berlanjut ke Penjara Tambang Udon, dari chapter 927 langsung lompat ke chapter 928.

Pada versi manga, Luffy langsung didekati oleh Caribou setelah ia bertemu Raizou. Sementara di versi anime, ada jarak episode antar dua kejadian ini. Pada versi anime pula, kita bisa melihat proses perjalanan hidup Caribou dari Pulau Manusia Ikan sampai akhirnya dikirim X-Drake ke penjara itu. Sesuatu yang diambil dari cover story Caribou.

Kalian bisa juga membaca detailnya di: Cerita Caribou, dari Pulau Manusia Ikan sampai Wano

Ada tiga kejadian penting di penjara Udon pada One Piece Chapter 928 yang adaptasinya dipisah-pisah ke beberapa Episode.

2 halaman pertama, saat Luffy memberi kakek Hyo tiket makanan dan didatangi oleh Raizou diadaptasi ke Episode 920.

1 halaman berikutnya, saat Luffy didatangi oleh Caribou diadaptasi ke Episode 921.

1 halaman berikutnya, ketika Luffy dan Caribou didatangi oleh Kid masih belum diadaptasi. Kemungkinan kita akan bisa melihatnya di Episode 922 nanti.

Ehm, keluar topik sebentar dari Episode 921...

Terdapat informasi penting pada kemunculan Kid itu, sesuatu yang banyak ditanyakan oleh pembaca blog ini di pencarian Google yaitu "Siapa yang memotong tangan Kid?"

Di sinilah Kid meluruskan hal tersebut. Berbeda dengan rumor yang didengar oleh Caribou di mana tangan Kid putus saat berhadapan dengan Big Bob, Kid menjelaskan kalau tangannya putus dalam pertarungan melawan kelompok Bajak laut Rambut Merah, sebelum ia melawan salah satu jendral Big Mom.

Oke, balik lagi ke topik utama kita....

Adegan anime berlanjut ke momen ketika anak buah Kyoshiro mengadu padanya mengenai aksi Sanji si tukang soba, kembali lagi ke chapter 927. Tidak banyak yang berbeda dari adegan ini, hanya saja di anime kita bisa melihat lebih banyak senyuman dan tawa jahat Kyoshiro.

Begitu pula dengan adegan setelahnya. Jika di manga kita hanya bisa melihat satu siluet kepala-kepala naga Orochi, di versi anime kita diperlihatkan lebih banyak.

Selanjutnya kita kembali diperlihatkan pada prosesi arak-arakan Komurasaki. Tiga gelandangan tua ingin membunuh perempuan itu. Di versi anime, Usopp dan Franky sempat mencoba untuk mencegah mereka. Sesuatu yang tidak ada di versi manga.

Di versi manga, tiga lelaki itu langsung dihabisi oleh pengawal Komurasaki oleh satu serangan.


Adaptasi animenya entah kenapa terasa kurang baik, tidak sekeren yang versi manga. Di anime, pengawal itu menyerang mereka berkali-kali dan terlihat lebih tidak berprikemanusiaan.

Pada flashback Bingoh, salah satu lelaki tua yang tertipu oleh Komurasaki, kita diperlihatkan beberapa adegan tambahan yang tidak ada di manga. Kita bisa melihat bagaimana cara lelaki tua itu dengan kejamnya mengumpulkan uang dari orang-orang miskin, rentenir yang tidak punya belas kasihan. Serta betapa bangganya ia di awal-awal dengan harta kekayaan yang ia miliki.

Istri Bingoh pada akhirnya sampai memilih untuk kembali ke orangtuanya.

Di versi manga, Bingoh berkata kalau ia telah menjual semuanya, bahkan keluarganya. Mungkin hal ini dirasa terlalu kejam, jadi di anime diganti menjadi hanya "mengabaikan keluarganya"

Hal lain yang juga cukup penting dari flashback ini adalah... Versi anime menjelaskan kalau flashback ini terjadi sekitar satu tahun yang lalu, sementara di versi manga tidak ada detail yang menyebutkan waktu kejadiannya kapan.

Pada flashback ini pula, kita berkali-kali dilihatkan sosok kumbang di pohon... yang mana tidak ada di manga.


Satu perbedaan terakhir yang agak subjektif... Entahlah, mungkin ini hanya perasaan saya saja. Tapi sepertinya saat adegan wajah Komurasaki diperlihatkan, di versi anime lipstiknya lebih tebal.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments