Tuesday, December 11, 2018

thumbnail

Pembahasan dan Ringkasan Vivre Card Databook 2 + Scan Kartu

Rilisan kedua dari Vivre Card Databook terdiri dari Booster Pack: Masters of the East Blue!! dan Booster Pack: Gathering! "Supernovas"!! diterbitkan pada 4 Oktober 2018.


Kartu-kartu berfokus pada karakter yang muncul di East Blue dan Kepulauan Sabaody. Terdapat banyak sekali kartu dan info baru mengenai karakter seperti usia atau makanan favorit, namun sepertinya tak banyak yang menarik untuk dibahas. Info-info mengenai kartu yang tak dibahas di sini bisa kalian cari sendiri di One Piece Wiki.

0004 - Usopp (saat usia 17)
0005 - Sanji (saat usia 19)

Sebagai catatan, satu seri bisa terdiri dari beberapa kartu, namun di versi yang berbeda. Misal eri 0004 - Usopp dan 0005 - Sanji sudah muncul di pack pertama, di pack kedua ini juga ada namun dalam versi yang berbeda. Seri 0001 malah terdiri dari 3 versi yang berbeda: Monkey D Luffy, Monkey D Luffy (saat usia 17), dan Luffy-tarou.

0036 - Rika
0038 - Rokkaku
0039 - Ukkari
0042 - Ripper
0043 - Pinky
0044 - Tightrope Walking Funan Bros
0045 - Superhuman Domingos
0047 - Domo-kun
0048 - Acrobatic Fuwas
0053 - Hocker
0054 - Poro
0056 - Cocox
0059 - Ninjin
0060 - Piiman
0061 - Tamanegi
0062 - Kuro
0063 - Kaya
0066 - Jango
0067 - Sham
0068 - Buchi
0076 - Zeff
0078 - Patty
0081 - Gin
0082 - Carne
0084 - Krieg

0085 - Dracule Mihawk


Pendekar pedang terkuat di dunia, duduk di puncak sebagai yang terkuat dari semua pendekar pedang. Mihawk sudah terkenal bahkan sebelum Era Besar Bajak Laut dimulai. Dia berlatih keras bertahun-tahun, menantang musuh yang lebih kuat dan lebih kuat lagi sampai tak ada lagi penantang yang layak untuk dilawan.

Untuk itu, Mihawk (yang tidak memiliki kru) menjadi Shichibukai (setelah kematian Roger), untuk bisa berlayar bebas ke seluruh dunia. Sebagian besar waktu berlayarnya dihabiskan untuk bersenang-senang. Awalnya, julukan yang ingin Oda berikan untuknya adalah Clairvoyant.

"Ia menunggu hari ketika seorang pendekar pedang muncul, seseorang yang bahkan bisa melampaui rival-nya, Shanks"

Secara tak langsung ini mengindikasikan kalau pertarungan Mihawk dan Shanks masih berakhir imbang. Karena itu ia ingin seorang pendekar pedang yang bahkan lebih kuat dari Shanks muncul, untuk bisa mengalahkannya. Tapi jika memang kemampuan mereka seimbang, kenapa Mihawk yang disebut sebagai pendekar pedang terkuat?

Sederhananya bisa jadi karena Shanks tak menganggap dirinya sebagai seorang pendekar pedang. Sama seperti Big Mom yang juga memiliki pedang sebagai senjata, ia juga tak bisa disebut sebagai seorang pendekar pedang, kan? Bisa jadi karena Mihawk mendapat julukan pendekar pedang terkuat bahkan sebelum pertarungannya dengan Shanks. Di dunia tinju pun, kalau juara dunia ditantang seseorang dan hasilnya seri, si juara dunia tetap mempertahankan gelarnya, kan?

Hasil seri sepertinya tidak membuat Mihawk puas. Pertarungan berikutnya harusnya terjadi, namun Mihawk sudah tidak tertarik lagi untuk bertarung pasca Shanks kehilangan satu tangannya. Wajar saja, kalaupun bisa menang tentu ia tak mau dianggap menang hanya karena musuhnya memiliki satu tangan. Hal ini makin memperkuat alasan kenapa ia ingin segera melawan orang yang bahkan bisa menyaingi rivalnya itu.

0086 - Pearl
0493 - Sea Rabbit
0494 - Camie
0495 - Pappag
0496 - Duval
0500 - Motobaro
0501 - Antonio
0502 - Devil Dias
0503 - Saru
0506 - Jean Bart
0507 - Kairiken
0508 - Minoruba

0509 - Shakuyaku


Merupakan seorang bajak laut besar 40 tahun yang lalu, namun sekarang sudah pensiun.

Angka 40 tahun ini memunculkan banyak spekulasi. Seperti yang kita tahu 40 tahun yang lalu adalah masa keemasan kelompok bajak laut legendaris, Rox. Apa Shakuyaku atau yang lebih dikenal dengan julukan Shakky ini juga merupakan bagian dari kelompok bajak laut itu?

Seorang individu yang kuat, partner romantis Rayleigh.

Sederhananya rekan tapi mesra lah ya. Dan tidak dijelaskan kekuatan macam apa yang Shakky miliki, tapi penjelasannya di kartu mengindikasikan kalau dia adalah seorang perempuan yang kuat.

Ia dan Rayleigh membantu Boa bersaudara karena Nenek Gloriosa, untuk itu mereka jadi sangat berutang budi. Ia adalah perempuan cerdas dan update terhadap informasi. Ia kerap mengikuti perkembangan anak-anak generasi baru, dan menjadi fans atas aksi-aksi Luffy.

0510 - Capone Bege

0511 - Jewelry Bonney


Bonney memang memiliki hubungan dengan Kuma, dan ialah alasannya sampai menyusup ke Mariejois. Bonney bersumpah untuk balas dendam terhadap kelompok tertentu.

Entah siapa kelompok yang dimaksud. Sepanjang cerita sepertinya ada banyak sekali kelompok yang ia benci. Angkatan Laut, Pemerintah Dunia, Kurohige. Namun yang paling membuatnya muak sepertinya Pemerintah Dunia, terutama para kaum Tenryubitou yang memperlakukan Kuma seperti budak sampah.


Ketika menjadi sosok tua, Bonney sangat mirip dengan Ratu Connie.

Bonney memang menyusup ke Reverie dengan menyamar menjadi ratu dari suatu negeri, dan di wujud tuanya sepertinya ia sangat mirip dengan ratu tersebut. Namun tak disebutkan kenapa mereka bisa sangat mirip, entah karena memang ada semacam hubungan keluarga atau alasan lain.


Bonney memiliki masa lalu khusus dengan Pemerintah Dunia.

Sebuah isu yang sebenarnya sudah lama menyeruak. Beberapa orang bahkan punya teori mengenai kekuatan Bonney yang pernah menjadi bahan percobaan Pemerintah Dunia.

Ketika Akainu menangkapnya, ia dibawa ke Markas Pusat Angkatan Laut. Akan tetapi, ia berhasil kabur. Sayangnya anggota krunya tidak seberuntung itu.

Bonney mampu memanipulasi usia orang, baik orang lain maupun dirinya sendiri. Namun tidak disebutkan dari mana kemampuan ini berasal. Kalau memang dari buah iblis, tidak disebutkan buah iblis apa.

0512 - Basil Hawkins


Dalam pertarungan buah iblisnya memiliki batasan dalam mengalihkans erangan mematikan, yaitu 10 manusia jerami, dan perlu waktu sampai energinya pulih kembali. Ia tak segan menaruh hidup anak buahnya di dalam bonekanya.

Hawkins sangat mempercayai kartunya, karena ia yakin kartu-kartunya selalu mengatakan kebenaran. Kemampuan kartunya cenderung bersifat untung-untungan, namun ketika yang muncul adalah kartu bagus kekuatannya jauh meningkat.

Sangat tenang, Hawkins lebih memilih untuk menghindari konflik dan orang-orang yang ribut.

0513 - Eustass Kid


Ia ingin menjadi bajak laut terkejam di dunia. Hal itu ia lakukan sebagai tindakan perlawanan atas sampah-sampah yang memerintah dunia.

Kid memerintah krunya dengan kharisma jahat. Berbanding terbalik tampaknya dengan Luffy yang bersahabat dengan para krunya.

Selama timeskip, Kid kehilangan satu tangannya dalam sebuah pertarungan. Dalam jangka dua tahun itu ia memang terlibat dengan banyak sekali konflik.

Kid dan Killer adalah teman masa kecil. Bersama-sama, mereka membangun Kelompok Bajak Laut Kid. Dan meskipun kita sudah melihat aksinya, vivre card Kid mengkonfirmasi kalau kemampuan buah iblisnya seputar pengendalian medan magnet.

0514 - Scratchmen Apoo


Dikonfirmasi kalau ia memiliki kemampuan buah iblis yang memungkinkannya untuk menciptakan suara dengan anggota tubuhnya, suara-suara dengan efek yang beragam.

0515 - X Drake


Sejak awal X Drake memang sengaja menantang kru Kaidou untuk bisa bergabung dengannya. Ia sangat ingin bergabung dengan kru Kaidou apa pun yang terjadi untuk alasan yang tidak diketahui.

X Drake tahu informasi dalam Angkatan Laut, misalnya saja mengenai project Pacifista. Ia merasa tertarik dengan aliansi Law dan Luffy saat membaca berita keberhasilan mereka mengalahkan Doflamingo.

0516 - Urouge
0517 - Killer

0518 - Trafalgar Law


Law berperan sebagai kapten sekaligus kru Heart Pirates. Nama Heart Pirates diambil dari Corazon sebagai penghormatan dan sekaligus karena sudah mengubah hatinya menjadi lebih baik. Corazon dalam Bahasa Spanyol memang berarti Heart/Hati. Sebelum topinya yang sekarang, Oda sempat membuat desain topi yang berbeda untuknya.

0519 - Penguin
0520 - Bepo
0521 - Shachi
0522 - Peterman

0531 - Silvers Rayleigh


Rayleigh memutuskan untuk melatih Luffy setelah melihatnya bertindak sejauh itu saat ingin menyelamatkan kakaknya. Di usianya yang sudah tua, kekuatannya masih sangat mengerikan. Bushosokunya cukup kuat untuk menahan serangan admiral.

Sebagaimana yang memang sudah pernah kita lihat, Rayleigh masih mampu menahan serangan Kizaru. Kita juga diperlihatkan bagaimana Rayleight mampu mengarungi calm belt hanya dengan berenang. Dan tak sulit baginya untuk menghadapi monster-monster laut raksasa.

Kemampuannya sangat baik dalam menganalisis situasi dan memiliki wawasan pengetahuan yang sangat luas. Ia menghabiskan hari-harinya di Sabaody sebagai bagian dari masa pensiunnya.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments