Monday, February 17, 2020

thumbnail

Perbedaan One Piece Episode 922 dengan Versi Manga

One Piece Episode 922 diadaptasi dari sebagian Chapter 928 dan Chapter 929. Sebelum masuk ke pembahasan, pertama-tama jangan lupa untuk follow Twitter @YonkouTerkuat untuk mendapat berbagai update dan twit-twit random seputar One Piece dan Anime/Manga lainnya.

Episode dibuka oleh scene di mana Zoro berada di sebuah tempat perjudian. Semua yang terjadi dari sini sampai sekitar menit ke tujuh adalah filler yang tidak ada di versi manga. Termasuk scene saat Nami bersama Shinobu membicarakan soal Zoro yang menghilang.

Meski begitu, kejadian yang terjadi pada Zoro di tempat perjudian diceritakan di versi manga lewat pembicaraan Zoro dan Tonoyasu di perjalanan. Berbeda dengan versi manga, kejadian perjudian Zoro diperlihatkan langsung pada versi anime.


Selain bagian perjudian Zoro, scene di mana Wanda dan Carrot mencuri buah juga diperlihatkan langsung di versi anime. Pada versi manga, hanya ada satu dialog yang mengungkapkan kalau mereka berhasil mencuri makanan.

Masuk ke menit ke tujuh, pada scene yang memperlihatkan Franky dan Minatomo si tukang kayu legendaris, kita mulai masuk pada bagian yang ada di versi manga. Namun tetap ada beberapa berbedaan-perbedaan dan penambahan adegan.

Bagian yang paling mencolok adalah momen ketika Franky kesal dan menghajar si kakek hingga terlempar ke luar rumah. Pada versi manga, Franky dibalas dengan cara digeplak oleh tukang-tukang lain. Sementara di versi anime, si kakek sendiri yang langsung menggeplak kepala Franky dengan palu. Malah di versi anime, tidak ada tukang lain di sana selain Franky.


Selanjutnya masuk ke adegan saat Franky akhirnya berusaha untuk mencari-cari blueprint yang digadaikan 10 tahun lalu. Orang-orang yang ditemui Franky sama persis dengan yang ada di versi manga.

Bedanya, di manga Franky menemui Kanjuurou dulu baru mencari orang-orang itu, sementara di versi anime terbalik, Franky mengunjungi orang-orang itu terlebih dahulu baru akhirnya bertemu Kanjuurou. Hanya di versi anime pula, Franky diperlihatkan menjelaskan kenapa ia terburu-buru.

Percakapan Kinemon dan Inuarashi mengenai Inuarashi juga lebih panjang di versi anime.

Kembali ke scene perjudian Zoro... kembali ke bagian filler. Semua adegan dari menit 13:30 sampai 18:00 tidak ada di versi manga. Dengan kata lain, momen saat Zoro mengalahkan para samurai tanpa melukai mereka itu hanya ada di versi manga.


Kejadian tersebut bisa jadi merupakan petunjuk mengenai kemungkinan Zoro untuk nantinya bisa menguasai Haki Raja. Bagaimanapun, membuat orang terjatuh tanpa menyentuh adalah salah satu ciri dari kemampuan itu. Tapi sayang... Sekali lagi adegan ini hanya filler, alias tambahan yang hanya ada di versi manga.

Selanjutnya, kita diperlihatkan pertemuan antara Orochi dan CP0.

Dibanding versi manga, ada dua perbedaan utama yang cukup penting. Pertama, di sini wajah Orochi sudah langsung diperlihatkan secara jelas, sementara versi manga masih menutup-nutupinya di balik siluet.

Perbedaan kedua yang cukup penting adalah inti percakapannya. Tapi bisa jadi perbedaan ini muncul karena adanya kesalahan terjemahan antara di versi manga atau anime, mengingat referensi terjemahan untuk chapter yang sudah cukup lama ini diambil dari Mangastream, yang mana bukan penerjemah resmi.

Inti perbedaan percakapannya adalah sebagai berikut:

Manga: "Dulu aku meminta Kapal Perang, sekarang aku menginginkan Dr.Vegapunk!!"
Anime: "Sekarang aku meminta Kapal Perang, Nanti aku menginginkan Dr. Vegapunk!!"

Dan begitulah...

Satu tambahan terakhir yang bisa kita lihat adalah proses kedatangan para geisha (termasuk Robin di dalamnya) serta Komurasaki ke kastil ibukota.

Pada adegan terakhir, adegan Momonosuke dan Tama sama persis dengan yang ada di versi manga.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments