Friday, November 25, 2016

thumbnail

Kenapa Big Mom Membenci Raksasa?

Satu hal menarik yang kita dapati pada One Piece Chapter 847 adalah ekspresi kesal Big Mom ketika Judge menyebut-nyebut soal raksasa. Meski tak lama setelahnya ekspresinya berubah tenang kembali, dan berkata kalau mungkin Judge hanya belum melihatnya saja, jelas sekali kalau itu hanya kebohongan yang dikatakan oleh Big Mom karena pernikahan politik antara Pudding dan Sanji sangat penting baginya. Ada rasa tidak enak antara Big Mom dan kaum raksasa. Big Mom membenci raksasa. Kenapa?

Kenapa Big Mom Membenci Raksasa
Gambar 1. Ekspresi Marah Big Mom saat Judge Menyebut-Nyebut Raksasa

Satu hal yang kita tahu pasti, Big Mom ingin supaya Caesar Clown membuatkannya semacam obat yang mampu mengubah seseorang menjadi raksasa. Namun perlu digarisbawahi, raksasa yang dimaksud bukan "raksasa" dalam artian sesungguhnya (raksasa Elbaf), namun lebih ke orang yang seukuran dengannya. Big Mom ingin bisa duduk di meja makan dengan orang-orang yang ukurannya setara.[1]

Kenapa Big Mom Membenci Raksasa
Gambar 2. Bayangan Big Mom Makan dengan Orang-Orang yang Seukuran

Bukan sesuatu yang aneh sebenarnya, malah sangat manusiawi. Siapa saja pasti risih kalau makan bersama keluarga, semeja, tapi anak-anaknya seukuran kucing, seukuran tangan. Menentukan ukuran makanan juga pasti jadi sesuatu yang rumit. lol

Jika Big Mom menganggap hal seperti itu begitu penting, maka bisa jadi alasan ia membenci raksasa adalah karena ukuran mereka. Jika Big Mom risih melihat orang-orang yang lebih kecil darinya, maka melihat orang yang lebih besar darinya tentu sama tidak menyenangkannya. Merasa tidak senang dan dipandang rendah di saat yang sama. Big Mom, dari namanya saja kita bisa tahu kalau ia menganggap dirinya besar, jadi kalau ada yang lebih besar darinya, nama Big Mom pasti jadi bahan ejekan.

Bayangkan ketika raksasa bertemu Big Mom dan berkata,
"Big Mom? Ini? Segini dibilang Big?"

Kenapa Big Mom Membenci Raksasa
Gambar 3. Orang Tertawa

Oke, kita sudahi bercandanya dan lanjut pada pembahasan yang lebih serius. Kemungkinan lain yang banyak diperbincangkan adalah adanya hubungan buruk antara Big Mom dan raksasa di masa lalu. Ada yang menduga bahwa Big Mom adalah kaum raksasa yang terbuang. Benarkah? Cukup besarkah Big Mom untuk dikategorikan sebagai raksasa?

Sebelumnya mari kita ukur terlebih dahulu ukuran Big Mom. Dari SBS One Piece Volume 58, diketahui kalau Jinbe memiliki tinggi badan 301cm, dan beberapa chapter yang lalu, pada One Piece Chapter 829, beberapa kali Big Mom dan Jinbe diperlihatkan pada panel yang sama.

Kenapa Big Mom Membenci Raksasa
Gambar 4. Perbandingan Ukuran Big Mom dan Jinbe

Meski tidak terlalu jelas karena perspektif jarak, paling tidak kita bisa mengetahui kalau Jinbe paling tidak seukuran dengan kepala Big Mom, dan kepala Big Mom mendominasi sekitar sepertiga atau seperempat tubuhnya. Dengan kata lain, tinggi Big Mom antara 9 sampai 12 meter, jadi hampir dua kali lipat tinggi Kuma.

Namun jika dibanding dengan raksasa, ukuran Big Mom masih terlalu kecil. Rata-rata raksasa memiliki tinggi lebih dari 15 meter. Jika Big Mom memang benar keturunan kaum raksasa, tidak heran kalau dirinya dikucilkan. Dianggap kecil. Mungkin juga karena itu ia memutuskan untuk pergi menjadi bajak laut dan pada akhirnya menggunakan nama Big Mom, untuk memupuk rasa percaya diri kalau dirinya big, besar.

Kemungkinan lain kenapa Big Mom membenci raksasa adalah...
Kaum raksasa adalah satu-satunya kaum yang tidak bisa dinikahi Big Mom...
Kenapa? karena mereka terlalu besar...
Ngerti kan? oke, tidak perlu kita perjelas lagi...

Atau mungkin Big Mom pernah memaksa untuk melakukannya, namun pada akhirnya tidak berhasil. Jadi sejak saat itu, Big Mom pun membenci kaum raksasa. Oke sekali lagi, tidak perlu kita perjelas lagi.

Kenapa Big Mom Membenci Raksasa
Gambar 5. Wajah Cantik Big Mom

Akan menarik jika pada suatu titik nanti, kita bisa melihat sisi kelam dari Big Mom, masa lalu yang menyedihkan dari seseorang yang kini menjadi salah satu pilar kekuatan di Dunia Baru. Dan akankah hubungannya yang buruk dengan raksasa berpengaruh terhadap urusannya dengan Luffy? Sebagaimana yang kita tahu, Luffy memiliki paling tidak lima raksasa dalam daftar aliansinya.

Sayangnya sebagaimana misteri-misteri kecil lain di dunia One Piece yang masih belum terungkap sampai sekarang, misteri hubungan antara Big Mom dan kaum raksasa tampanya akan membutuhkan waktu yang cukup lama hingga terungkap.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments