Friday, December 20, 2019

thumbnail

Masuk Top 3 Anime Terpopuler Dunia, Orang Jepang Tidak Tahu Attack on Titan


Mengacu pada website MyAnimeList, Attack on Titan menempati peringkat ke-2 anime terpopuler di dunia, dan season ketiganya menjadi anime dengan rating tertinggi nomor 5 di dunia. Namun meski begitu, ternyata masih ada orang Jepang yang tidak tahu Attack on Titan.

Baru-baru ini, seorang Youtuber yang biasa mensurvey secara acak warga Jepang yang ia temui di jalan yaitu That Japanese Man Yuta bertanya pada orang Jepang apakah mereka tahu suatu anime dari judul-judul versi Inggrisnya?

Terdapat sekitar 8 orang yang ditanyai. Yuta memberi daftar yang berisi judul dari 10 anime terkenal dalam versi Bahasa Inggris.

Mulai dari Your Name, hampir semuanya tahu kalau yang dimaksud adalah Kimi no Nawa, movie fenomenal yang rilis Tahun 2016.

Ketika masuk ke Attack on Titan, dua orang pertama yang ditanya menjadi bingung. Mereka bahkan tidak mengerti Titan itu maksudnya apa. Ketika disuruh menebak, yang terpikir oleh mereka malah Atom, Anpanman, Ultraman, sampai Kamen Rider.

Enam orang lainnya tampak tahu dan bisa menjawab dengan mudah.

Anime populer lainnya yang sulit mereka jawab adalah Fullmetal Alchemist. Sudah menduduki posisi pertama anime dengan rating tertinggi MyAnimeList selama bertahun-tahun, ternyata banyak orang Jepang yang tidak tahu Fullmetal Alchemist itu apa.

Dari 8 orang yang ditanya, hanya satu orang yang bisa langsung menjawab. Beberapa bisa menjawab setelah berpikir cukup lama, dan tidak sedikit yang sama sekali tidak bisa menjawab. Bahkan mengira Fullmetal Alchemist itu Gundam atau Doraemon karena berpikir kalau fullmetal identik dengan robot.

Memang tidak mudah bagi orang Jepang untuk menebak anime dalam bahasa asing. Mereka lebih tahu Shingeki no Kyojin dibanding Attack on Titan. Dan di Jepang, Fullmetal Alchemist dikenal dengan judul Hagane no Renkinjutsushi.

Judul anime yang tidak bisa dijawab satu pun oleh mereka adalah Case Closed, yaitu judul versi Bahasa Inggris dari Detective Conan. Tidak hanya di Jepang, di Indonesia sendiri sepertinya jarang yang tahu Case Closed, kita tahunya Detektif Conan.

Judul lain yang juga sama sekali tidak tertebak oleh mereka adalah Erased, yaitu judul versi Bahasa Inggris dari Boku Dake ga Inai Machi. Jika dibalik, kalian disuruh menebak anime dari judul Bahasa Jepangnya, apakah kira-kira kalian bisa menjawab?

Kalian bisa menyaksikan video lengkapnya di Channel Youtube That Japanese Man Yuta dan jangan lupa juga untuk follow twitter @YonkouTerkuat untuk memperoleh update terbaru dari YonkouTerkuat.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments