Tuesday, December 10, 2019

thumbnail

Anime itu Kartun Sudah Biasa, Anime itu Sinetron!!

Salah satu perdebatan paling panjang di dunia Anime adalah sebuah pendapat bahwa anime dan kartun itu adalah dua hal yang sama. Anime itu Kartun, hanya beda istilah, beda bahasa. Argumennya, anime yang diambil dari Bahasa Jepang merupakan singkatan dari animation alias animasi. Jadi, tontonan-tontonan yang biasa kita sebut kartun seperti misal Spongebob, Dora, Mickey Mouse, bisa juga disebut sebagai anime. Masuk akal. Dan memang di Jepang sendiri, Spongebob dkk biasa disebut anime.

Tapi kali ini, kita tidak akan membahas apakah anime itu kartun atau sebaliknya kartun itu anime, karena pembahasan ini sudah terlalu mainstream. Kali ini, yang akan kita bahas adalah sebuah fakta kalau Anime itu sama dengan Sinetron.

Kamu tidak salah baca, Anime itu Sinetron.

Dengan logika yang sama: Sinetron yang diambil dari Bahasa Indonesia merupakan singkatan dari sinema elektronik alias seni gambar bergerak yang ditayangkan di media elektronik. Anime adalah seni gambar bergerak, dan ditayangkan di media elektronik. Dengan kata lain, anime itu sinetron.


Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

1 Comments