Thursday, September 29, 2016

Mengukur Kekuatan: Big Mom vs Kaidou

Big Mom dan Kaidou, dua Yonkou yang beberapa chapter belakangan sedang hangat-hangatnya diperbincangkan. Debut Kaidou di Chapter 795 menjadi salah satu momen paling mengagumkan sepanjang cerita One Piece. Pengenalannya sebagai yang terkuat di antara semua mahkluk baik langit, darat, maupun laut digambarkan secara jelas dan meyakinkan. Jatuh dari ketinggian sepuluh ribu meter, Kaidou tak terluka sama sekali.

Yonkou Kaidou vs Big Mom
Big Mom sebelum kemampuannya terkuak sempat diremehkan, dianggap sebagai yang terlemah di antara keempat Yonkou. Namun ternyata ia memiliki kekuatan yang mengerikan. Kekuatan buah iblis yang ia makan memungkinkannya untuk mengambil sebagian atau bahkan seluruh sisa usia seseorang dan memasukannya ke berbagai objek non manusia. Selain itu, dengan tubuhnya yang besar, kekuatan fisiknya juga sangat mengerikan. Kota sampai habis ia acak-acak ketika mengamuk.

Dalam pertarungan satu lawan satu, siapakah yang lebih unggul?
Kemungkinan besar jawabannya Kaidou.

Kaidou memiliki kekuatan fisik yang sudah tidak diragukan lagi. Sebagai yang terkuat di dunia, hal itu sudah tak bisa dipungkiri lagi. Kemampuan Big Mom juga kelihatannya tak akan berpengaruh padanya. Sebagaimana yang terlihat ketika ia mendemonstrasikan cara kerja kekuatannya saat mengambil jiwa anaknya sendiri, Master Muscat. Jiwa Muscat terambil keluar dari dirinya karena ia merasa takut. Jika yang berada di posisinya saat itu adalah Kaidou, hal seperti itu tentunya tak akan terjadi.

Sebagai salah satu Yonkou, rasa takut tentunya tak ada dalam kamusnya. Apalagi setelah ditangkap oleh Angkatan Laut dan Yonkou sebanyak 18 kali, disiksa ribuan kali, dijatuhi hukuman mati 40 kali, seorang diri menenggelamkan 9 kapal besar yang hendak mengurungnya... Ibu-ibu gemuk yang suka mengacak-ngacak kue tentu tak akan membuatnya takut.

Yonkou Kaidou vs Big Mom
Rasa tak kenal takut juga terlihat pada anak buahnya, Jack. Pria pemakan buah Zoan tipe mamoth itu seolah tak ada takut-takutnya, malah terkesan merupakan pria paling nekat yang pernah ada.

1-0 untuk keunggulan Kaidou

Dalam pertarungan kelompok, siapakah yang lebih unggul?
Kali ini peluang yang lebih besar ada di pihak Big Mom.

Sejauh ini, orang-orang kuat di pihak Kaidou yang kita ketahui baru Jack, X Drake, dan Apoo. Berbeda dengan Big Mom yang kita ketahui sangat kuat dalam hal jaringan. Sudah tak diragukan lagi bagaimana kinerja Big Mom dalam membangun keluarga sekaligus kekuatan. Tak terhitung berapa banyak aliansi yang ia miliki. Apalagi jika Vinsmoke resmi menjadi bagian dari keluarganya, Big Mom akan memiliki salah satu tentara paling ditakuti di dunia, Germa 66.

Kelompok Kaidou terkenal akan kekuatannya, dan mayoritas anggotanya adalah pengguna buah iblis tipe Zoan, yang tentunya hanya mengandalkan kekuatan fisik. Di sisi lain, Big Mom memiliki orang-orang dengan kekuatan yang beragam, yang tentunya akan menylitkan para pengguna Zoan. Terlebih jika perang dilakukan di tempat yang menguntungkan Big Mom, kemenangan tak salah lagi akan berpihak padanya mengingat Big Mom memiliki pemikiran yang selangkah di depan soal mengatur strategi, serta sangat hebat dalam mengorek informasi.

1-1 Big Mom menyamakan kedudukan

Kesimpulannya, Kaidou berpeluang lebih unggul sebagai individu, namun tidak sebagai kelompok. Meski tentu saja hal ini masih bisa berubah mengingat masih ada kekuatan-kekuatan di pihak Kaidou yang belum terkuak, misalnya Tiga Bencana Besar selain Jack, serta orang-orang kuat Wano yang mungkin telah berada di pihaknya. Namun di sisi lain, kekuatan Big Mom juga belum terungkap sepenuhnya.