Sunday, May 22, 2016

Mencari Jejak Anggota Vinsmoke Selain Yonji dan Reiju

Kemunculan kakak dan adik Sanji: Reiju dan Yonji memastikan bahwa anak keluarga Vinsmoke memang dinamai berdasarkan angka, mulai dari 0 sampai 4. Kecuali Reiju bukan kakak tertua dan Yonji bukan yang paling muda. Jadi, bisa dipastikan bahwa kedua kakak lelaki Sanji juga dinamai menggunakan angka: 1 dan 2, Ichiji dan Niji.

Tak hanya nama, jubah yang digunakan juga bertuliskan angka sesuai nama mereka. Yonji memiliki angka 4 besar tertulis di jubahnya, jadi kemungkinan besar Ichiji dan Niji juga memiliki angka 1 dan 2 di jubahnya. Dan seperti yang sudah sempat dibahas sebelumnya, angka 1 dan 2 ada di jubah yang dikenakan oleh dua orang Germa 66 yang dilawan oleh Sora. Jadi asumsi yang paling logis, dua tokoh cerita bergambar itu terinspirasi dari kakak Sanji. Dan jika diperhatikan lebih jauh lagi, ada sosok perempuan bertubuh seksi di belakang mereka, yang bisa jadi terinspirasi dari Reiju.

One Piece Chapter 825
Di paling belakang, berdiri sesosok pria yang ukuran tubuhnya lebih besar dari ketiga anggota Germa 66 digabung. Jika memang karakter mereka terinspirasi dari Germa 66 yang asli, maka bisa dipastikan bahwa Tentara Iblis itu memiliki anggota bertubuh besar. Yah, di dunia One Piece ukuran sebesar itu belum masuk kategori raksasa.

Warna jubahnya berbeda dengan dua lelaki di depannya. Entah dia anggota Keluarga Vinsmoke atau hanya prajurit biasa seperti orang-orang yang berbaris rapi di kapal siput raksasa Germa 66. Mereka sama-sama mengenakan pelindung kepala, tapi bentuknya berbeda. Logo di kaosnya juga berbeda. Kaos pria besar itu berlambangkan tengkorak, sementara prajurit Germa 66 memiliki lambang angka 66 di kaos mereka. Warnanya pun berbeda. Jadi kalaupun dia bukan anggota utama Keluarga Vinsmoke, paling tidak dia pasti bukan prajurit biasa.


Jejak Germa 66 tak hanya bisa dilihat dari flashback cerita bergambar itu. Setelah di Chapter yang lalu, Reiju menjelaskan kalau mereka merupakan (dan masih) bagian dari keluarga bangsawan, dan memiliki hak untuk mengikuti Reverie, banyak asumsi muncul kalau salah seorang peserta Reverie tahun ini merupakan Keluarga Vinsmoke. Reiju hanya berkata kalau mereka memiliki hak, namun ia tak menyebutkan kalau tahun ini mereka menggunakan haknya itu dan berpartisipasi. Apalagi ada acara yang harus mereka hadiri, dan kelihatannya Pesta Teh Big Mom lebih penting dibanding pertemuan para pemimpin dunia.

Namun, coba perhatikan bangsawan berkumis pada gambar berikut, salah satu peserta Reverie yang diperlihatkan di Chapter 823.

Raja-Raja pada Pertemuan Reverie
Kumisnya keriting, jadi ada yang berpendapat kalau ia adalah anggota Keluarga Vinsmoke. LoL. Sepertinya bukan. Pertama, yang keriting itu kumisnya, bukan alis, dan bentuk keritingnya juga berbeda. Tapi itu bukan sesuatu yang mustahil. Meski warna kumisnya hitam, rambutnya berwarna putih, kemungkinan pirang di versi berwarna seperti halnya Sanji dan saudaranya. Mata dan alisnya pun tertutup kotak teks, sehingga tak bisa dipastikan bentuknya seperti apa.

Konsep pakaian yang ia kenakan berbeda jauh dengan germa 66 yang selama ini kita lihat. Pakaiannya khas bangsawan, sementara Germa 66 lebih mirip seragam hero atau villain. Tapi yah, bisa jadi ia sengaja berpakaian begitu karena akan menghadiri pertemuan para bangsawan. Tapi apa benar begitu?

Kalau ditanya soal nilai kemungkinan, bisa dikatakan kemungkinan lelaki itu merupakan anggota Keluarga Vinsmoke cuma satu berbanding sepuluh.

Ada juga yang beranggapan bahwa jejak keluarga Vinsmoke juga bisa ditemukan jauh di Chapter 692. Ketika tayangan langsung Caesar diperlihatkan ke berbagai belahan dunia, di antara penonton terlihat dua orang lelaki. Yang satu memakai jubah dan topi, satunya lagi memakai headphones. Berapa banyak karakter One Piece yang pernah terlihat menggunakan headphones selain Germa 66?


Tapi kemungkinan ini juga sangat kecil. Headphones memang salah satu ciri Germa 66 yang bisa kita lihat dari Chapter yang lalu. Tapi heasphones mereka berbeda. Germa 66 memiliki angka 66 di bagian depan headphonesnya, dan warnanya didominasi gelap. Sementara headphones yang digunakan oleh pria di Chapter 826 memiliki ciri yang berbeda. Dan makin terlihat berbeda di versi animenya.


Satu hal yang bisa dipastikan dari jejak Keluarga Vinsmoke adalah fakta bahwa yang ada di kapal siput Germa 66 hanya Yonji dan Reiju. Reiju bisa jadi memang anak tertua, tapi dia perempuan. Anak pertama dan kedua (Ichiji dan Niji) tentunya memiliki keberadaan yang lebih penting di keluarga itu. Tak berlebihan kalau berasumsi merekalah (atau ayahnya) yang terkuat di antara Germa 66.

Kapal siput Germa 66 yang dinaiki Yonji dan Reiju kemungkinan besar bukan merupakan kapal utama mereka. Kapal utama dinaiki oleh ayah mereka, Ichiji, Niji, atau mungkin sudah terparkir rapi di Pulau Kue Big Mom.