Thursday, May 19, 2016

Lebih Lanjut Soal Yonji dan Reiju

Tes pengetahuan kamu seputar One Piece dengan mengikuti Kuis One Piece, dapat diakses melalui web maupun smartphone kamu!

One Piece Chapter 826 memberi tahu kita banyak hal baru tentang Germa 66, Keluarga Vinsmoke, terutama dua saudara Sanji: Yonji dan Reiju. Banyak yang sudah memprediksi kalau pria misterius di Chapter sebelumnya memang adik Sanji dan namanya Yonji, tapi kemunculan Reiju benar-benar di luar prediksi. Siapa yang mengira si mesum Sanji memiliki seorang kakak cantik bertubuh seksi?

One Piece Chapter 826
Yonji Vinsmoke, dikenal juga dengan julukan Winch Green (terjemahan Mangastream). Ia tak mau menyebutkan hubungannya dengan Sanji, meski semuanya tahu kalau jelas-jelas dia itu adiknya (semuanya kecuali Carrot tampaknya). Arti dari julukannya sendiri (Winch Green) masih belum terlalu jelas. Kalau diterjemahkan secara gamblang, Winch berarti katrol. Coba search di google dengan kata kunci Winch maka yang muncul adalah gambar-gambar katrol penggulung tali.

Banyak juga yang percaya kalau kata "katrol" ini dimaksudkan ke dalam perkakas secara umum, dengan kata lain kemampuan untuk membangun sesuatu. Bisa jadi Yonji ini semacam Franky di Kelompok Topi Jerami, apalagi keluarga mereka memang terkenal dengan kecanggihan teknologinya.

Kecil kemungkinan Yonji merupakan pengguna buah iblis. Ia mampu dengan mudah kembali setelah tercebur dari laut. Kecuali pakaian yang dikenakannya mengandung teknologi yang memungkinkan pengguna buah iblis untuk bertahan di air. Pakaian kedap air misalnya. Tapi kalau memang semuda itu, maka tak hanya Big Mom, pemerintah pun pasti akan sangat menginginkannya. Jadi, lebih masuk akal kalau dia memang bukan pemakan buah iblis.

Sekilas Yonji dan Sanji terlihat mirip, apalagi mereka memang saudara kandung. Tapi dari sifat, yang sama cuma jelalatannya. Matanya langsung melotot membentuk hati saat melihat Nami dan Carrot. Bahkan ketika kapal pergi, ia terus memandangi poster buronan Nami dengan tatapan penuh cinta. Ketika dimintai tolong untuk memberi Luffy obat penawar, ia malah menolaknya mentah-mentah, mengatakan kalau harusnya mereka berusaha untuk merampasnya sendiri selayaknya bajak laut sejati. Pelit dan kejam. Tapi ada benarnya juga sih, bajak laut memang seharusnya merampas sesuatu dari kapal lain. Topi Jerami memang benar-benar bajak laut anti mainstream.

Reiju, kakak perempuan Sanji dan Yonji malah kebalikannya. Ia langsung menendang adiknya dan tak segan untuk minta maaf atas sifat kasar adiknya itu. Reiju bahkan melompat ke Thousand Sunny dan mengobati racun Luffy.

Julukan Reiju yaitu Poisonus Pink bukan cuma sebatas nama. Ia benar-benar memiliki kemampuan untuk melahap racun. Kalau Magellan paramecia racun, maka Reiju adalah paramecia yang bisa memakannya.

Reiju ketemu Magellan?
Bisa habis si mantan sipir.

Tapi ada juga teori yang lebih masuk akal. Buah iblis yang dimakan Reiju bukan tipe paramecia, melainkan logia: Tipe Serangga model Kupu-kupu. Bisa dilihat dari sesuatu mirip sayap kupu-kupu di punggungnya. Caranya menghisap mulut Luffy juga benar-benar mirip kupu-kupu menghisap nektar, dan memang ada spesies kupu-kupu beracun. Entah apa lagi yang bisa dihisapnya dengan kekuatan seperti itu.

Kalau benar pemakan buah zoan model kupu-kupu, apa ia bisa berubah ke wujud kupu-kupu sempurna dan terbang? Hal ini sebenarnya masalah. Sampai saat ini, kita sudah tahu empat buah zoan yang memungkinkan penggunanya untuk bisa terbang yaitu Pell (burung), Marco (phoenix), Bian (lebah), Kabu (kumbang). Pell sendiri waktu di Alabasta dulu sempat menyebut kalau di dunia ini hanya ada lima tipe yang memungkinkan penggunanya untuk terbang.


Apa tipe yang dimaksud Pell itu khusus zoan? kalau iya bisa jadi Reiju adalah yang kelima. Atau masih ada lagi zoan bersayap lain yang belum disebutkan? Kalau yang dia maksud itu buah iblis secara umum, maka Pell sok tahu lol. Buah baling-baling Buffalo, gravitasi Shiki, dan bahkan kekuatan gas Caesar juga memungkinkannya untuk terbang, malah bisa mengangkut orang saat menjadi balon gas.

Reiju menolong Luffy, kelihatannya ia orang baik, tapi itu tak lantas memberi Luffy lampu hijau untuk mendapatkan Sanji kembali. Reiju hanya tersenyum ketika Luffy meminta hal itu. Untuk saat ini, mereka masih berada di dua sisi yang berbeda.

Julukan Winch Green dan Poison Pink entah kenapa makin membuat mereka mirip Power Rangers lol. Ada ranger hijau, ada ranger pink. Bedanya mereka ada di posisi penjahat. Apa Sanji memiliki julukan juga? Saat itu dia masih kecil, dan julukan tentunya tak diberi langsung sejak lahir. Tapi siapa yang peduli? Sekarang dia sudah memiliki julukannya sendiri: Black Leg, si Kaki Hitam.

Bagaimana dengan dua kakak Sanji yang lain, yang diasumsikan namanya Ichiji dan Niji, apa mereka punya julukan warna juga? Merah? Biru? Kuning?

Dan bagi kalian yang tak sempat memperhatikan, ada lambang angka 4 di jubah Yonji. Yang menarik adalah, pada kilas balik yang memperlihatkan Sora, musuh yang dihadapinya menggunakan jubah yang bertuliskan angka 1 dan 2. Apa tokoh komik itu digambar berdasarkan dua kakak Sanji?

One Piece Chapter 825
Tulisan ini hanya membahas Yonji dan Reiju, pembahasan mengenai anggota lain keluarga Vinsmoke akan dimuat pada tulisan berikutnya.