Tuesday, November 27, 2018

thumbnail

Makna di Balik Angka Bounty 2 Milyar Kurohige

Marshal D Teach atau yang dikenal dengan julukan Kurohige (Blackbeard) akhirnya diperlihatkan kembali pada One Piece Chapter 925, kebetulan atau tidak chapter ini muncul tepat 300 tahun setelah kematian Blackbeard yang asli, yaitu pada 22 November 1718.

Untuk kalian yang belum tahu, dulu ada bajak laut sungguhan di Laut Carribean yang dikenal dengan julukan Blackbeard, atau sering juga dipanggil dengan nama Edward Teach, kadang Edward Drummond. Mungkin hal ini memang menjadi cara Oda untuk memperingati hari kematiannya.


Angka unik bounty 2.247.600.000 Berry Kurohige ternyata ada kaitannya dengan sosok asli Blackbeard. Hubungannya apa? Mari kita bahas sama-sama.

Blackbeard asli, selayaknya penjahat kelas kakap lainnya tentu menjadi incaran pihak berwajib. Letnan Robert Maynard menawarkan hadiah 100 poundsterling bagi yang bisa menangkapnya, hidup atau mati. Poundsterling adalah mata uang Inggris, dan konon sejarahnya 1 poundsterling setara dengan harga 1 pound perak.

Dan tahukah kamu, berapa harga 100 pound perak?

Seorang fans yang kurang kerj- fans yang sangat teliti menemukan hubungan fakta yang mengejutkan. Bersiaplah untuk terkesima. Harga 100 pound perak ternyata 2.247.600 Yen!! Berhubung nilai 2 juta terlalu rendah untuk seorang Yonkou, Oda menambahkan tiga angka nol lagi. Jadilah 2.247.600.000 Berry.

Namun seperti yang kita ketahui, harga logam seperti perak atau emas selalu berubah-ubah dan cenderung meningkat. Saat tulisan ini dibuat, harganya sudah naik menjadi 2.342.097 Yen.

Masalah detail angka mungkin hanya bersifat pelengkap, dan tidak terlalu berpengaruh terhadap plot. Yang lebih penting adalah, angka ini sedikit banyaknya bisa menjadi pembanding. Kita bisa tahu kalau Luffy memang jelas belum dianggap seberbahaya Yonkou oleh Pemerintah, dilihat dari harga buronannya yang sekitar 700 Juta lebih rendah dibanding Kurohige. Kita juga bisa berasumsi bahwa harga buronan Kurohige merupakan yang terendah dibanding tiga Yonkou lainnya mengingat ia adalah yang paling baru di posisi itu.

Banyak yang menduga kalau Shanks adalah bajak laut spesial bagi pemerintah, terlebih ketika ia secara mengejutkan muncul di hadapan Gorousei pada Chapter 907. Karenanya, Shanks bukan buronan pemerintah. Namun hal tersebut tidak benar, bisa dilihat dari caranya berpakaian kalau pertemuan mereka adalah sesuatu yang sangat dirahasiakan. Gorousei mungkin diam-diam memang memiliki hubungan khusus dengan Shanks, namun Pemerintah tetap mengecap Shanks sebagai bajak laut yang berbahaya. Kepalanya tetap memiliki harga buronan.

Shanks memiliki harga buronan telah dikonfirmasi oleh Oda pada Vivre Card Databook Vol.1 yang dirilis oleh Oda beberapa bulan yang lalu. Di sana, ditulis kalau Shanks memiliki bounty, meski tidak disebutkan nominalnya berapa.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments