Tuesday, December 11, 2018

thumbnail

Pembahasan dan Ringkasan Vivre Card Databook 1 + Scan Kartu

Masing-masing karakter memiliki nomor seri kartu. Urutan 0001 sampai 0010 diisi oleh kesepuluh Topi Jerami, mulai dari Luffy sampai Jinbe. Nomor 0013 ada Vivi, lalu Roger di nomor 0014. Nomor seri 0011 dan 0012 masih belum keluar, apakah dua nomor ini sengaja disiapkan untuk anggota baru Topi Jerami yang belum kita ketahui?


Bisa jadi iya, atau bisa juga disiapkan untuk dua kapal mereka Going Merry dan Thousand Sunny. Dan ngomong-ngomong soal keberadaan Vivi di seri 0013, dikonfirmasi kalau statusnya adalah mantan anggota Topi Jerami. Sebagai catatan, kartu 0013 Vivi dan 0010 Jinbe sebenarnya baru keluar di Vivre Card Databook 4, jadi tidak akan ditulis pada ringkasan ini.

Tak banyak hal baru yang diungkap dari sepuluh kartu Topi Jerami. Beberapa hal cukup menarik yang ditulis yaitu kolom keluarga Sanji ditulis Mantan Vinsmoke, dan spesies Franky ditulis Cyborg.

0000 - Kartu Kosong, bisa diisi profile pemiliknya

0001 - Monkey D Luffy
0002 - Roronoa Zoro
0003 - Nami
0004 - Usopp
0005 - Sanji
0006 - Tony Tony Chopper
0007 - Nico Robin
0008 - Franky
0009 - Brook

(Dari 0009 langsung ke 0014 karena alasan yang sudah dijelaskan tadi)

0014 - Gol D Roger


Kartu Gol D Roger di seri 0014 memuat beberapa informasi baru. Roger dikonfirmasi memiliki tinggi badan 274cm, beda tipis dengan Brook. Makanan favoritnya daging hiu, minuman favoritnya sake, dan dikonfirmasi juga kalau ia memiliki harga buronan. Meski tidak disebutkan jumlahnya berapa. Bukan sesuatu yang mengejutkan sebenarnya, seorang raja bajak laut tentu saja memiliki harga buronan. Tapi masih ada beberapa teori yang beredar di luar sana kalau beberapa bajak laut kuat dianggap terlalu berbahaya sampai-sampai tidak memiliki harga buronan, dengan ini teori tersebut resmi terpatahkan.

Kartu Roger juga memuat informasi waktu perjalanannya. Roger memasuki Grand Line di usia 49 tahun, setahun kemudian bertempur pada perang Edd War melawan armada Shiki, lalu menemukan One Piece di usia 52 tahun. Roger memerlukan waktu 3 tahun dari pertama memasuki Grand Line sampai akhirnya menemukan One Piece. Bisa jadi Luffy juga akan membutuhkan waktu yang sama.

Roger akhirnya dieksekusi tahun berikutnya di usianya yang ke-53.

0015 - Anjo
0016 - Monstar

0017 - Shanks


Seri 0015 dan 0016 diisi dua karakter figuran yang tidak terlalu penting yaitu Anjo dan Monstar, jadi langsung saja kita lanjut ke kartu dengan seri 0017, Shanks. Beberapa hal baru yang diungkap pada biodata Shanks adalah tipe darah X-F, dan makanan favoritnya yaitu nasi goreng kimchi dan lobster. Shanks memiliki tinggi badan 199cm, lebih tinggi 1cm dari Mihawk (petunjuk yang menggambarkan perbedaan kekuatan keduanya?). Dan sama seperti Roger, Shanks juga dikonfirmasi memiliki harga buronan meski tak disebutkan jumlahnya berapa.

Usia Shanks baru 11 tahun saat bergabung dengan kru Roger, dan ia sudah menjadi Yonkou sebelum bertemu dengan Luffy. Yaps, waktu kelompoknya diremehkan di bar itu, ketika tangannya termakan monster laut, Shanks sudah seorang Yonkou.

Informasi di dunia One Piece memang tak seterbuka informasi di dunia nyata. Orang-orang sekelas Yosaku, bounty hunter yang pekerjaannya memang menangkap bajak laut saja hanya tahu Shichibukai dari gosip-gosip. Luffy si Topi Jerami yang begitu terkenal saja masih banyak yang tak tahu wujudnya, banyak yang mengira kalau tubuhnya sebesar raksasa. Bahkan ketika Luffy palsu, yang jelas-jelas sangat berbeda dari yang asli muncul, orang-orang mau saja percaya.

Jadi tidak heran kalau orang-orang termasuk Higuma si bandit tak tahu kalau orang yang ia remehkan itu adalah salah satu bajak laut paling ditakuti di dunia. Kenapa Shanks yang seorang Yonkou mampu diputuskan tangannya begitu saja oleh seekor monster laut biasa-biasa? Pembahasannya bisa dilihat di: Alasan Shanks Mengiklaskan Tangannya Dimakan Monster Laut

0018 - Lucky Roo


Petarung Red-Hair Pirates, posisi yang sama dengan Zoro di Topi Jerami. Tingginya 241cm, saat ini berusia 35 tahun, golongan darah F, dan berasal dari South Blue. Disebutkan juga makanan favoritnya, meski sepertinya sudah tak perlu lagi karena setiap ia muncul pun ia memang selalu tampak makan itu: paha ayam. Dan dia sedang diet, jadi jangan kaget kalau misal dikemunculannya nanti dia kurus.

Lucky Roo adalah orang yang mendapat buah Gomu Gomu dengan mencurinya dari kapal musuh.

0019 - Yasopp



Penembak Jitu Red-Hair Pirates, posisi yang sama dengan Usopp di Topi Jerami. Ayah anak sama saja. Usianya 47 tahun, 8 tahun lebih tua dari Shanks. Tidak heran, saat Shanks merekrutnya Yasopp memang sudah bapak-bapak.

Tingginya 183cm, golongan darah S, dan makanan favoritnya adalah ikan musiman sama seperti Usopp. Garp sebenarnya ingin memberitahu Usopp mengenai Yasopp di Water 7, tapi tidak jadi. Mungkin gara-gara waktu itu ia ketiduran.

0020 - Benn Beckman


Wakil Kapten Red-Hair Pirates, usia 50 tahun, tinggi 206cm, golongan darah X. Ia berasal dari North Blue, entah di mana ia dan Shanks bertemu karena kapten dan wakil kapten biasanya kru pertama dan berasal dari lautan yang sama. Tapi yang namanya takdir memang tidak ada yang tahu, Sanji saja berasal dari North Blue tapi akhirnya bertemu Luffy di East Blue.

Keempat anggota yang disebutkan itu juga secara unik berasal dari empat lautan yang berbeda.

Shanks: West Blue
Lucky Roo: South Blue
Yasopp: East Blue
Benn Beckman: North Blue

Ketiga kru Shanks itu juga sama-sama dikonfirmasi memiliki harga buronan, meski tak disebutkan jumlahnya berapa. Oda sempat memberi penjelasan mengenai harga buronan kru bajak laut besar apalagi sekelas Yonkou pada SBS One Piece volume 91, di mana ketika harga buronan kapten meningkat, harga buronan krunya juga ikut.

0021 - Mikio Itoo
0022 - Makino
0023 - Higuma
0024 - Gyoru
0025 - Chicken
0026 - Woop Slap
0027 - Lord of the Coast (Monster laut pemakan tangan Shanks)
0028 - Koby
0029 - Alvida
0030 - Heppoko
0031 - Peppoko
0032 - Poppoko
0033 - Rika
0034 - Helmeppo
0035 - Soro
0037 - Morgan
0040 - Kuina
0041 - Koushirou

0046 - Buggy


Buggy terlahir di Grand Line, jadi perkataannya di saat awal-awal ia muncul mengenai niatnya untuk kembali Grand Line bukan hanya bermaksud ingin kembali seperti saat dulu mengarungi Grand Line di kapal raja bajak laut, namun kembali karena Grand Line memang kampung halamannya.

Buggy memiliki tinggi badan 192cm, dan golongan darah F sama seperti Luffy. Ada fans yang berspekulasi kalau golongan darah Luffy dan Buggy dibuat sama oleh Oda karena bisa jadi Buggy lah yang akan menjadi penyelamat Luffy ketika nanti di akhir cerita ia sekarat pasca pertempuran. Hmm, menarik.

0049 - Mohji
0050 - Richie
0051 - Chouchou
0052 - Boodle
0055 - Cabaji

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments