Saturday, December 1, 2018

thumbnail

Cerita Caribou, dari Pulau Manusia Ikan sampai Wano

Total 46 halaman cover mengenai kisah Caribou di New World tampaknya mulai terlihat ujungnya. Agak aneh jika waktu itu memikirkan Caribou secara spesial dibuatkan cover story-nya sendiri oleh Oda. Bagaimanapun karakternya tak tampak begitu penting, hanya seperti penjahat asal lewat yang bukan antagonist utama di arc mana pun.

Cover story Caribou bahkan merupakan cover story nomor dua terpanjang setelah From the Decks of the World, dan jumlahnya sama dengan cover story Grand Fleet Topi Jerami yang itu pun fokusnya dibagi-bagi ke tujuh kapten bajak laut aliansi (tambah bonus side story Bellamy)

Dengan kemunculannya pada satu panel di One Piece Chapter 926, sepertinya alasan Oda susah payah menggambar cover story untuknya terjawab. Caribou sepertinya akan memiliki peranan penting pada arc Wano ini. Sesuatu yang sudah Oda siapkan jauh dari tahun 2012.

Hal-hal mengenai urusan dan pentingnya Caribou di arc ini akan kita bahas di tulisan lain, di sini mari kita rangkum kembali perjalanan Caribou pada cover story mulai dari Chapter 674 sampai 731. Mulai dari Pulau Manusia Ikan hingga akhirnya bisa sampai di Penjara Wano.


Mulai dari cover One Piece Chapter 674, setelah Topi Jerami meninggalkan Pulau Manusia Ikan, Caribou masih ada di sana dan berusaha untuk menculik putri duyung dengan kekuatan lumpur yang ia miliki. Untungnya di sana masih ada Jinbei yang kemudian mampu dengan mudah menghajar Caribou, menangkapnya lalu membawanya keluar dari Pulau Manusia Ikan.


Di tengah laut, kapal Coribou saudara Caribou kemudian muncul. Coribou ingin menolong kakaknya namun kecepatan Jinbei di laut terlalu cepat bagi kapal mereka. Coribou tak mampu mengejar, dan Jinbei pada akhirnya membawa Caribou ke markas G-5, meninggalkannya di kelompok Angkatan Laut kejam pimpinan Smoker itu dalam kondisi tubuh terjebak rantai di dalam barrel.


Sebelum Caribou dibakar hidup-hidup oleh anggota G-5, kapal Coribou akhirnya muncul. Pertarungan antar kru bajak laut Caribou vs angkatan laut G-5 terjadi. Caribou berhasil selamat dan kembali ke kapalnya, tapi terbalik malah sang adik Coribou yang kini tertangkap G-5. Dan ketika hal itu terjadi, Caribou malah memilih untuk pergi meninggalkannya.


Karma buruk menimpanya. Badai besar menyerang kapal Caribou. Kapal itu rusak, Caribou pun menyelamatkan diri dengan menaiki perahu cadangan kecil. Caribou terombang-ambing di tengah laut penuh badai. Untung baginya yang seorang pengguna kekuatan buah iblis tidak tewas tenggelam.


Caribou kemudian terdampar di sebuah pulau bersalju. Tubuhnya sekarat, tapi untuk seorang nenek menolong dan membawanya pulang. Nenek itu merawatnya, bahkan sampai repot-repot membuatkannya makanan.


Dan bukannya berterimakasih, diam-diam Caribou malah mencuri harta benda nenek itu saat ia tertidur. Tapi meski begitu, si nenek tak tahu menahu dan tetap memperlakukannya dengan baik. Ia menunjukkan pelabuhan ada di mana, bahkan memberinya kotak bekal makanan. Serta jubah tebal supaya ia tidak kedinginan.


Namun di tengah jalan, Caribou berpapasan dengan beberapa prajurit yang berteriak memanggilnya, "Komandan Gaburou!!"

Tampaknya mereka salah paham dan mengira kalau Caribou adalah komandan mereka karena jubah yang dikenakannya. Selanjutnya hal mengejutkan terjadi, si nenek muncul dan langsung melempari para prajurit itu dengan batu. Tua-tua si nenek tampak sangat bertenaga. Caribou pun kembali melanjutkan perjalanannya menuju pelabuhan.


Tapi prajurit-prajurit berseragam logo bintang merah kembali bermunculan, kini jumlahnya semakin banyak dan mereka memanggil-manggil Komandan Gaburou. Caribou bersembunyi di balik gedung. Caribou lalu menyusup ke gedung itu, dan ternyata itu pabrik senjata.


Komandan Gaburo ternyata adalah seorang pemimpin pasukan Revolusi yang hilang, dan kebetulan wajahnya mirip dengan Caribou. Orang-orang dengan penuh semangat mengangkat senjata-senjata mereka.

"Para pekerja, ambil senjata kalian!! Komandan Gaburo, sang Putra Revolusi telah kembali!!"


Tapi kelompok itu malah dihajar oleh anak buah Kaidou yang tampaknya menguasai wilayah itu, Scotch si Iron Boy. Orang-orangnya dihabisi, bendera revolusi mereka dibakar. Kota dibakar.

Caribou kembali ke rumah si nenek, tampak nenek itu pingsan dan di sebelahnya terdapat sebuah pas foto. Komandan Gauburi ternyata cucunya. Mungkin karena itu ia sangat menyayangi Caribou, dan menyerang prajurit-prajurit yang mau mengajaknya memberontak lagi karena tak mau cucu kesayangannya pergi untuk kedua kalinya.


Nenek itu kemudian sadarkan diri.
"Kumohon, Gaburo, kau harus kabur, kau tak boleh bertarung lagi" kata si nenek.

Scotch menghantam roboh dinding rumah nenek itu, dan manusia Cyborg itu berdiri di hadapan Caribou. Si nenek melindunginya, "Lari Gaburu!!"

"Iya aku memang mau lari!!"


Caribou benar-benar kabur meninggalkan nenek itu. "Lari, lari, lari dari bajak laut yang lebih kuat Scotch!!"

Namun saat sampai di pelabuhan, ia malah dihadapkan dengan kapal perang Angkatan Laut. Tapi syukur ternyata kapal itu adalah kapal yang dibajak oleh kru bajak lautnya. Meski ditinggalkan, Coribou yang selamat masih peduli dengan kakaknya. Ia bahkan menyusul Caribou sampai sejauh ini.


Bersama krunya, Caribou akhirnya memutuskan untuk melawan. Ia bahkan telah menyuruh krunya untuk menggambar logo bintang revolusi di tubuh mereka. Prajurit revolusi yang diserang Scotch pun terharu dan penuh harapan.

Pertempuran terjadi antar dua kelompok itu, meski si nenek tampaknya tetap ingin supaya Caribou tidak bertarung lagi dan kabur saja.


Dengan kemampuan lumpurnya, Caribou pun mampu menumbangkan Scotch dan pasukannya. Pabrik yang menjadi tempat kerja paksa para pekerja pun akhirnya ditenggelamkan oleh Caribou. Revolusi terjadi di pulau itu, para pekerja bebas.

Caribou dianggap sebagai pahlawan. Namanya dikenal sebagai Gaburu sang Pahlawan.


Namun pesta kemerdekaan mereka tak bertahan lama. Seekor dinosaurus muncul. X Drake dalam wujud T-Rex muncul, mengalahkan Caribou kemudian menangkapnya. Kru Caribou tak bisa berbuat banyak.


Paling tidak, X Drake setuju untuk hanya membawa pergi Caribou. Ia membiarkan kru Caribou dan si nenek tetap di pulau itu. Si nenek untuk terakhir kalinya bahkan masih sempat memberi Carbou kotak bekal makanan.


Caribou yang dulunya bahkan tak segan-segan pergi meninggalkan saudaranya sendiri tertangkap di markas Angkatan Laut kini menjadi sosok yang rela menyerahkan diri demi keselamatan teman-temannya.


Si nenek sebenarnya sadar betul kalau cucunya Gaburi sudah meninggal, makamnya bahkan masih sering ia kunjungi. Namun ia bisa melihat sosok cucunya dalam diri Caribou, seorang bajak laut yang ia cintai seperti cucunya sendiri.


Dan begitulah, cover story Caribou berakhir. Sebagai salah satu anak buah Kaidou, akhirnya X Drake pun membawanya ke Wano.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments