Sunday, November 11, 2018

thumbnail

One Piece 924: Siapa Tahanan Misterius Pemakan Ikan Beracun?

Sosok misterius muncul di akhir One Piece 924, meski ia hanya diperlihatkan dalam kilas bayangan dan tatapan mata. Sekilas dalam situasi itu, tampaknya itu Kid, tapi setelah memperhatikan kembali berkali-kali halaman demi halaman yang menampilkannya, sepertinya bukan.

Sebelum menuju ke pertanyaan siapa sosok itu sebenarnya, pertama-tama mari kita bedah sama-sama kenapa itu bukan Kid. Terutama untuk yang masih beranggapan kalau dia itu Kid.

Pertama, penempatan selnya berbeda. Sosok itu ditempatkan di sel yang dilewati oleh Luffy, sementara Kid berada di sel yang sama dengan Luffy. Dilihat dari bentuk dan jalan masuknya pun berbeda.


Dari sini kita juga bisa tahu kalau Kid sempat dipindahtempatkan, mengingat saat ia terakhir terlihat tepat 100 chapter yang lalu yaitu di One Piece Chapter 824, kurungannya tampak berbeda. Waktu itu Kid masih dikurung di Pulau Iblis Onigashima.

Hal tersebut berhubungan dengan petunjuk kedua, sosok itu terlalu misterius sampai-sampai anak buah Kaidou mengklaim kalau tidak ada yang tahu yang dikurung di dalam itu apa, entah manusia atau buayahiu, atau monster-monster mengerikan lainnya. Kelihatannya ia dikurung di sana sudah dari sangat amat lama sampai-sampai prajurit-prajurit Kaidou saat ini tidak ada yang tahu. Kalau itu Kid, yang notabene tahanan baru, paling tidak mereka pasti tahu kalau itu manusia.

Para penjaga juga tampak biasa saja saat melempar Luffy satu sel dengan Kid, seolah biasa saja melihatnya. Jadi, itu bukan Kid.

Secara penampilan, keduanya juga sangat berbeda. Kid terlihat tetap dengan pakaian khasnya, degan nuansa tajam-tajam bahkan sampai ke rambut. Di sisi lain, bayangan hitam tawanan misterius terlihat seperti mengenakan topi.


Siluet yang sangat mirip ternyata sempat muncul jauh ratusan tahun yang lalu, tepatnya di One Piece Chapter 684, pada flashback Caesar Clown.


Tapi yah, sepertinya ini hanya kebetulan mirip sedikit yang tidak terlalu ada hubungannya. Pada flashback CC, siluet itu adalah Vegapunk, jadi kemungkinan kalau kedua siluet itu merupakan satu orang yang sama sangat amat mustahil. Sekali lagi, hanya kebetulan sedikit mirip.

Selain siluet dari belakang, hal lain yang juga ditampilkan dari tawanan misterius itu adalah pandangan matanya. Dari sini kita juga bisa melihat kalau bentuk tatapannya berbeda dengan bentuk tatapan mata Kid. Tawanan itu juga sepanjang chapter tak pernah berbicara menggunakan bahasa manusia, hanya menggeram. Entah mungkin saking lamanya terkurung ia sudah tak terlalu memikirkan soal komunikasi lain.

Kemampuan tawanan misterius itu dalam menjadikan tulang ikan sebagai senjata mematikan juga sangat tidak cocok dengan gaya Kid. Terlebih jika diborgol dengan batu laut, seharusnya ia tak punya cukup tenaga untuk melempar atau meniupkan tulang ikan sampai bisa menembus leher seperti itu.


Dari berbagai bukti di atas, bisa disimpulkan kalau tawanan misterius itu bukan Kid. Lantas mari kembali ke pertanyaan utamanya...

Siapakah Tahanan Misterius Pemakan Ikan Beracun Itu

Pertama, dia adalah tahanan lama, yang sudah dikurung mungkin belasan tahun lamanya. Bisa jadi ia termasuk salah satu dari samurai-samurai kuat Oden, salah satu dari tiga samurai yang ingin dicari oleh Kinemon. Mengingat kita sudah diperkenalkan dengan sosok Ashuradouji (Shutenmaru), maka dia bisa jadi salah satu dari dua sisanya, Kawamatsu dan Denjiro.


Meski siluet tawanan misterius dan siluet mereka yang sempat muncul di Chapter 921 tidak terlalu mirip, kemungkinan ini tetap tinggi. Dan kalaupun yang ditahan itu bukan samurai, kemungkinan dia ninja. Kemampuannya menggunakan tulang tajam ikan sebagai senjata sangat mirip dengan jurus-jurus ninja, yang mampu melempar kunai atau jarum tajam sebagai senjata.

Ada juga teori kalau tawanan itu tidak lain adalah Oden, ia tidak dibunuh melainkan hanya dipenjara. Hmm, teori ini sepertinya terlalu liar dan kemungkinannya kecil sekali. Sama sekali tidak ada petunjuk-petunjuk atau bukti yang mendasarinya.

Nama-nama random dari masa lalu memang kerap muncul di kalangan fans ketika sosok-sosok misterius seperti ini terjadi, meski pada kebanyakan kasus akhirnya terungkap kalau sosok misterius itu ternyata memang karakter yang benar-benar baru, bukan nama-nama besar yang sudah pernah muncul sebelumnya.

Dibanding Oden, ada satu teori yang tampaknya sedikit lebih masuk akal, meski ini juga sebenarnya termasuk teori liar tanpa banyak bukti pendukung: Tawanan misterius itu adalah Scopper Gaban.


Scopper Gaban, orang nomor tiga pada kru Roger (Gold, Silver, Copper). Saat ini keberadaannya masih menjadi misteri, semenjak bajak laut Roger terpisah mereka menyebar dan memilih jalan masing-masing. Oden kembali ke negerinya, dan beberapa tahun setelah itu kudeta Orochi dan penjajahan Kaidou terjadi.

Jika Oden meminta bantuan pada salah satu temannya, mungkin orang itu adalah Scopper Gaban. Namun naas, hal itu malah berujung penahanan baginya. Teori ini muncul berawal dari banyaknya yang menyama-nyamakan kemunculan pertama Rayleigh sebagai orang yang "dikurung", dan pada akhirnya menjadi guru Luffy. Untuk bisa naik kelas di arc ini, Luffy perlu guru lagi, setidaknya itulah yang para pencetus teori ini pikirkan. Tapi sekali lagi, ini hanya teori liar yang kemungkinannya meski ada namun sangat amat kecil, apalagi ciri khas matanya berbeda, Scopper Gaban pengguna kacamata bulat hitam.

Apabila ditanya siapakah yang paling berpeluang menjadi sosok tawanan misterius itu, maka tentu jawabannya antara dua samurai yang dicari Kinemon: Kawamatsu dan Denjiro, atau ninja Wano Kuni.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments