Friday, November 30, 2018

thumbnail

Komentar Eiichiro Oda Sepanjang Tahun 2018

Untuk kalian yang belum tahu, tiap mangaka Shonen Jump diminta untuk menulis sedikit pesan-pesan yang ingin disampaikan pada para pembaca. Termasuk Eiichiro Oda, mangaka One Piece. Berikut kami sudah merangkum semua komentar Oda sepanjang terbitan Shonen Jump tahun ini, dihitung mulai dari Desember 2017 sampai November 2018.


Jump Edisi #1
Kabuki One Piece tetap mengagumkan tak peduli berapa kali kau menontonnya! Luar biasa rasanya melihat semua orang tertawa dan semua penonton berdiri.

Jump Edisi Double #2-3
Aku mulai membaca manga berjudul Hibiki dan aku tak bisa berhenti. Karakter utamanya unik sekali.

*Yang dimaksud adalah manga karya Mitsuharu Yamamoto, Hibiki: Shousetsuka ni Naru Houhou.

Jump Edisi Double #4-5
Aku membeli Lyric Speaker. Aku tak tahu bagaimana cara kerjanya, tapi keren! Tahun baruku sangat hebat!

Jump Edisi #6
Kalau aku bisa kembali ke masa lalu, aku ingin kembali lagi dan lagi ke hari di mana aku makan daging lezat. Selamat tahun baru!

Jump Edisi #7
Tahun kemarin ramai sekali dengan perayaan ke-20 tahun, tapi akan ada banyak hal yang menarik di tahun ini juga. Perayaan 21 tahun!

Jump Edisi #8 - One Piece Libur

Jump Edisi #9
Kalian mungkin belum tahu ini, aku mulai menonton Nigehaji. Tarian cinta itu akan jadi populer, kan?

*Yang dimaksud adalah Nigeru wa Haji da ga Yaku ni Tatsu, sebuah drama Jepang.

Jump Edisi #10
Pop Epic Team. Hei hei! Apa kau marah? Aku tidak marah. Hei hei! Apa kau marah? Aku tidak...

*Komentar ini mengacu pada suatu scene di anime yang mungkin sudah pernah kalian tonton: Pop Team Epic.

Jump Edisi #11
Oh yeah, Pesta Tahun Baru. Aku senang melihat Posuka-chan masih aneh seperti biasa. Aku doakan yang terbaik untuk para kreator dan seri-seri baru mereka. (Yang dimaksud Posuka-chan adalah Demizu Posuka, mangaka yang menggambar The Promised Neverland)

Jump Edisi #12
Aku bertemu dengan Katsuya Terada, seorang seniman yang sangat hebat dia pasti semacam iblis super! Senang sekali rasanya bertemu orang yang telah mengubah konsep bekerja untuk seni menjadi hiburan.

*Katsuya Terada adalah ilustrator terkenal dari Jepang. Contoh hasil karyanya bisa kalian cari sendiri di Google.

Jump Edisi #13 - One Piece Libur

Jump Edisi #14
Baru-baru ini, setelah menyelesaikan tiap chapter, kami menonton episode-episode Oh My Jump! dan mendiskusikan naskahnya.

*Oh My Jump! adalah drama Jepang seputar klub yang terdiri dari orang-orang yang membicarakan mengenai passion mereka terhadap Jump.

Jump Edisi #15
Anime One Piece sekarang bisa di-streaming di Netflix Jepang. Sudah 20 tahun berlalu, tapi episode pertamanya masih membuatku menangis.

Jump Edisi #16
Beberapa dari kami mulai main Animal Crossing: Pocket Camp, tapi orang-orang di sekitarku mulai berhenti jadi aku menerima teman-teman baru.

Jump Edisi #17
Aku terkesima oleh komedi rakugo dari master Kosanji Yanagiya, harta nasional yang bertahan dari sakitnya dan terus berhadapan dengan usia tua dan panggung komedi!

Jump Edisi #18
Aku mendapat kacamata untuk pertama kalinya dalam hidupku. Aku menggunakannya saat menggambar hal yang detail atau saat menggunakan iPad. Mereka menyebutnya astigmatism.

Jump Edisi #19 - One Piece Libur

Jump Edisi #20
Memetik Strawberry! Aku mencampur strawberry dan daging ke champagne lalu meneguknya. Iuh.

Jump Edisi Double #21-22
Aku tersenyum setiap hari sebagaimana smart speakerku berkata padaku, tanpa emosi, "Hari ini tampak bagus lagi!"

Jump Edisi #23
Aku menerima penghargaan Penduduk Kehormatan Prefecture Kumamoto. Mereka akan membangun patung Luffy di Kumamoto. Apa patungnya bisa melar ya...

*Oda adalah penduduk Kumamoto. Dia telah mendonasikan banyak uang selama bertahun-tahun untuk membantu penanganan bencana.

Jump Edisi #24
Aku diberikan boneka pintar Danny Choo Nami. Aku sudah melihat foto-fotonya, namun yang asli sangat mengagumkan.

*Boneka pintar adalah robot dengan fitur khusus, biasanya meniru karakter-karakter tertentu.

Jump Edisi #25 - One Piece Libur

Jump Edisi #26
Aku pergi ke konser Namie Amuro! Aku belum pernah melihat panggung seindah itu! Aku berada di dunia fantasy.

*Namie Amuro adalah penyanyi Jepang yang menyanyikan lagu opening ke-14 dan ke-20 One Piece. Dia baru saja pensiun.

Jump Edisi #27
Liburan pertamaku ke Korea Selatan. Samgyeopsal, kimchi, bulgogi, dark galbi! Liburan yang lezat sekali!

Jump Edisi #28
Ready Player One bagus sekali. Spielberg selalu membuatku bersemangat.

Jump Edisi #29
Senang rasanya The Bachelor Japan season 2 telah dimulai. Aku ingin mawar dari Oyaizu.

*Rintaro Oyaizu adalah salah satu pemeran The Bachelor Japan, seorang laki-laki.

Jump Edisi #30 - One Piece Libur

Jump Edisi #31
Musim BBQ telah tiba, jadi aku ingin mengadakan barbecue. Aku juga ingin membuat mi nagashi somen.

Jump Edisi #32
Aku menerima mawar dari Rintaro Oyaizu pemeran The Bachelor Japan, jadi aku mulai berpikir untuk menjadi pengantinnya.

Jump Edisi #33 - Bersamaan dengan Ulang Tahun ke-50 Jump
Aku, yang sejak kecil bermimpi menjadi mangaka, suatu hari tergugah oleh gambar Akira Toriyama. Mangaka hebat dengan gambar yang mengagumkan! Aku menghabiskan berjam-jam meniru semua yang ia gambar, mulai dari Goku, gambar orang, binatang, background. Tiap desain, seperti otot, jari, ketiak, semuanya luar biasa. Jadi, aku termasuk fans yang pilih-pilih dan tak begitu tertarik dengan ilustrasi Goku yang digambar mangaka lain selain Toriyama. Pada project kali ini, aku menggambar Goku dengan gayaku, tapi aku tidak melihat Goku buatanku sebagai Goku yang asli.

Jump Edisi #34
Aku turut berduka cita bagi para korban banjir di Jepang Barat.

*Banjir besar terjadi pada Bulan Juli dan mengakibatkan banyak korban.

Jump Edisi #35 - One Piece Libur

Jump Edisi Double #36-37
Mokkori Hanbe bagus sekali. Ceritanya tentang samurai jadi bagus untuk penelitianku, tapi aku harus membuat Wano unik!

*Mokkori Hande adalah manga lama Jump berlatar di zaman kerajaan Jepang.

Jump Edisi #38
Habis menjalani meeting dan kemudian makan tempura bersama Marty-san dan produser-produser live-action lainnya dari luar negeri. Proses terus berjalan!

*Seri live-action One Piece memang sedang dalam pengerjaan.

Jump Edisi #39
Pertunjukan di Universal Studio Japan tahun ini lagi-lagi membara! literally dan figuratively. Terima kasih banyak untuk para staff dan cast!

Jump Edisi #40
Kami baru saja menerbitkan Vivre Card Illustrated Reference Guide! Aku selalu punya tempat spesial di hatiku untuk buku-buku referensi. Saat aku kecil, buku referensi Gundam adalah harta karunku. Sekarang kalian bisa merasakan kebahagiaan yang sama yang kurasakan!

Jump Edisi #41 - One Piece Libur

Jump Edisi #42
15 tahun telah berlalu saat aku bilang, "Hah? Kintama!?" dan sekarang kau mengakhirinya ya, temanku. Kerja bagus, Sorachi-kun!

*Bersamaan dengan tamatnya Gintama di Jump. Dulu Oda sempat salah dengar, dia kira kintama yang artinya bola anu.

Jump Edisi #43
Aku doakan yang terbaik untuk para korban Typhoon No.21 dan gempa bumi di Hokkaido.

Jump Edisi #44
Aku pergi ke konser Eikichi Yazawa! Sungguh terasa kedekatannya dengan fans! Aku melihat kekuatannya dalam menguasai seni serta nilai sesungguhnya seseorang di atas panggung!

Jump Edisi #45
Nachos itu enak! Aku makan nachos, mendengarkan Japamyu sambil menggambar Wano.

Jump Edisi #46 - One Piece Libur

Jump Edisi #47
Album barunya telah keluar, dan sudah kuulang-ulang di playlist-ku. Yang kumaksud adalah Mr.Children lagi!

*Mr.Childern adalah nama Band Jepang, mereka yang membawakan lagu penutup untuk Strong World.

Jump Edisi #48
Aku ketagihan dengan Ponkotsu Quest dan membeli Blu-ray nya. Hammer, hammer!

Jump Edisi #49
Lagu Ghost in the Well dari Kazuyuki Sakuma terngiang terus di kepalaku. Aku terus-terusan memutarnya seharian.

Jump Edisi #50
Aku membuat kerajinan tanah liat untuk pertama kali dalam hidupku. Tanahnya berputar di roda dan ternyata susah. Pelatih membantuku, dan akhirnya selesai! Sebagian besar sih hasil kerja pelatihku.

Jump Edisi #51 - One Piece Libur

Jump Edisi #52
Aku bermain Pokemon GO di dalam rumahku selama lebih dari dua tahun. Seseorang tolong beri aku pokemon legendaris.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments