Sunday, April 17, 2016

Siapakah Pria Beruntung yang Akan Menikahi Vivi?

Rehat sejenak dari permasalahan serius yang akan dibahas pada Pertemuan Reverie nanti, sekarang mari sama-sama kita ngomongin soal romance. Cinta-cintaan.

Oke, kita semua sepakat dan tahu betul kalau One Piece bukanlah serial bergenre romance. Judul chapter pertamanya memang Romance Down, tapi sekali lagi ini bukan serial romance. Cari di mana pun: situs shonenjump, elexmedia, myanimelist, wikiedia, nggak ada yang nulis kalau One Piece adalah manga bergenre romance. Tapi beberapa kali dan terutama pada chapter minggu ini, terbuka sedikit celah untuk masuk ke ranah ini.

Bahasan hangat soal One Piece Chapter 823 tak hanya soal Reverie, keberangkatan Luffy cs yang ternyata diikuti oleh Carrot, atau hancurnya Baltigo... Satu pertanyaan yang cukup happening di kalangan fans muncul, "Siapakah pria yang akan menikahi Vivi?"

Siapakah Pria Beruntung yang Akan Menikahi Vivi?
Raja Alabasta, Nefertari Cobra terlihat tidak dalam kondisi terbaiknya. Malah cenderung sakit, sampai harus mengenakan kursi roda segala. Satu harapannya, yaitu bisa cepat-cepat melihat Vivi menggandeng seorang menantu.

Tanggapan fans beragam. Pertama, ini memang merupakan petunjuk kalau Vivi pada akhir cerita nanti memang akan menikah dengan seseorang. Ada banyak sekali pangeran yang telah mencoba untuk melaparnya, namun belum ada satu pun yang ia terima. Lantas siapakah pria beruntung itu?

Kedua, ada tanggapan yang sedikit lebih ekstrim: Percakapan ini merupakan petunjuk yang ingin disampaikan oleh Oda bahwa Raja Cobra akan mati pada Pertemuan Reverie nanti. Entah karena penyakitnya, atau salah bertanya. Ada istilah "Mulutmu adalah harimaumu" dan niat Cobra untuk menanyakan isu sensitif seperti poneglyph pada Pertemuan Reverie nanti bisa jadi berbalik membahayakan nyawanya. Tapi yah, sekali lagi ini cuma tanggapan ekstrim dari fans.

Terakhir, ada juga yang menanggapinya santai dan menganggap ini sebagai joke kecil yang disisipkan oleh Oda. Tapi benarkah seperti itu?

Kembali pada pertanyaan pada tanggapan pertama: Kalau memang Vivi akan menikah, siapakah pria beruntung itu? Banyak yang suka suka/mendukung atau istilahnya "nge-ship" Luffy x Vivi, namun sepertinya hal ini cenderung mustahil untuk terjadi. Vivi bukan satu-satunya perempuan cantik yang kagum dengan Luffy. Sebut saja Rebecca, Shirahoshi, dan yang paling parah, Hancock, mereka semua punya kedekatan dengan Luffy, dan hal itu tak lantas membuat mereka terhubung layaknya pasangan kekasih.

Menikahi Vivi, seorang putri dari kerajaan sebesar Alabasta bukanlah sebuah perkara mudah. Ada tanggung jawab besar yang harus ia emban sebagai seorang raja. Cita-cita Luffy adalah menjadi Raja Bajak Laut, bukan raja yang memerintah suatu negara. Definisinya tentang raja benar-benar berbeda dari yang kita tahu. Baginya, raja adalah seseorang yang bebas. Sosok yang harus bertanggung jawab atas kesejahteraan rakyatnya sudah pasti bukan apa yang ingin Luffy raih.

Banyak juga yang mendukung kalau pada akhir nanti, Vivi akan menikah dengan Kohza, teman masa kecilnya yang sempat menjadi pemimpin pasukan pemberontak dan kini menjadi Menteri Lingkungan Hidup Kerajaan Alabasta.[2] Namun dilihat dari percakanya dengan Kakek Toto di satu panel kecil halaman pertama One Piece Chapter 823, sepertinya untuk saat ini masih belum ada hubungan spesial di antara mereka berdua. Yah, masih sebatas teman. Korban friendzone.

Tapi yah, kalaupun memang iya semoga saja perjalanan cinta mereka berjalan mulus. Terakhir kali One Piece menceritakan seorang putri menikah dengan petinggi kerajaannya sendiri, mereka malah harus disembunyikan ke bukit ladang bunga.

Akankah Vivi menemukan jodohnya pada Pertemuan Reverie ini? Tentunya akan ada banyak pemimpin yang hadir, dan bisa jadi sambil mengajak putra mahkotanya juga. Tapi entah kenapa, sepertinya malah lebih besar kemungkinan Vivi bertemu musuh dibanding bertemu jodoh. Lihat saja Reverie delapan tahun yang lalu, ia malah ditampol oleh Wapol untuk melampiaskan kekesalannya pada Cobra.[1] Syukurnya Vivi memiliki pribadi bijak seorang ratu, perang antar kedua negara pun bisa dihindari.

Akankah Vivi menikah dengan Carue?
Nah, yang ini sudah mulai ngawur.

Referensi
[1]One Piece Chapter 142 Halaman 6
[2]Cover Story One Piece Chapter 638