Saturday, March 12, 2016

One Piece 819 : Tentang Kaidou dan Shogun Wano

Shogun Wano dan Kaidou adalah dua orang yang berbeda?

Pertama, sebelum ia dieksekusi mati, Oden Kouzuki merupakan seorang Daimyou. Apa itu Daimyou? Apa itu Shogun? Di Jepang, mulai abad ke-10 sampai pertengahan abad ke-19, Daimyou merujuk pada pemimpin suatu wilayah atau kepala dari klan yang cukup berpengaruh. Yang ada di atas Daimyou adalah Shogun, yaitu pemegang kekuasaan tertinggi suatu negeri.

Di Jepang, ada juga istilah Ten'no atau kaisar. Jabatannya di atas Shogun, tapi keberadaannya hanya sebatas simbol. Kekuasaan terhadap pemerintahan dan kekuatan militer tetap berada di tangan Shogun. Ibaratnya kalau Kaisar itu Ratu Inggris, maka yang jadi Shogun adalah Perdana Menterinya.

Di Wano saat ini, satu hal yang pasti, negeri itu dipimpin oleh seorang Shogun. Setelah membaca berbagai terjemahan, dan versi resmi One Piece Chapter 818 terbitan VIZ Media:

Shogun Wano dan Bajak Laut Kaidou
Oden Kouzuki mati di tangan Shogun Wano dan Bajak Laut Kaidou. Sepertinya hampir bisa dipastikan kalau Shogun dan Kaidou memang dua orang yang berbeda. Hal ini makin bisa dipastikan setelah terjemahan One Piece Chapter 819 versi Mangastream keluar. Pada panel pertama halaman kelima, Kinemon mengucapkan kalimat yang kurang lebih artinya, "Saat ini, Negeri Wano ditindas oleh Shogun dan Kaidou, yang telah menyatukan kekuatan!!"

Shogun Wano dan Bajak Laut Kaidou
Shogun Negeri Wano, negeri kuat yang bahkan tak tersentuh oleh Pemerintah Dunia menyatukan kekuatan dengan Yonkou Kaidou. Yang jadi pertanyaan sekarang:

Siapakah Shogun Negeri Wano itu?

Yang pasti dia itu orang yang kuat. Bukan sekadar raja yang punya kekuasaan seperti para kaum naga langit itu. Shogun bukanlah gelar yang didapat dari garis keturunan. Contoh Shogun di kehidupan nyata yaitu Tokugawa Ieyasu, pendekar sejak muda yang diangkat menjadi shogun setelah memenangkan pertempuran besar Sekigahara.

Jadi dia itu siapa? Kemungkinannya ada dua: antara Shogun Wano itu tokoh baru atau tokoh yang sudah pernah muncul sebelumnya. Di berbagai forum, banyak yang berpikir kalau Shogun Wano itu karakter yang sudah pernah muncul. Tapi melihat apa yang terjadi beberapa chapter belakangan, peluang bahwa shogun itu tokoh baru cenderung lebih besar.

Shichibukai ketujuh >>>
Banyak yang berpikir dia karakter lama, Shiki atau entah siapa >>>
Ternyata ia Weevil, karakter baru.

Jack >>>
Banyak yang berpikir dia karakter lama, Morgan atau entah siapa >>>
Ternyata ia benar-benar karakter baru.

Shogun Wano >>>
Banyak yang berpikir dia karakter lama>>>
Ternyata (???)