Friday, March 11, 2016

One Piece 819: Aliansi untuk Menjatuhkan Kaidou


Niat awal aliansi yang sempat dibentuk oleh Luffy dan Law untuk menjatuhkan Yonkou Kaidou sepertinya akan benar-benar terwujud. Awalnya kita mungkin masih ragu. Luffy dan Law, apa yang bisa dua kapten bajak laut itu lakukan untuk mengalahkan seorang Yonkou sekelas Kaidou, yang disebut-sebut sebagai manusia terkuat? Jika melawan Doflamingo saja mereka kewalahan, apalagi melawan orang yang ditakutinya?

Tapi sekarang kemungkinan itu mulai terbuka. Mengalahkan Kaidou bukan lagi sekadar mimpi di siang bolong. Aliansi untuk melawan Yonkou berbulu hidung berkumis panjang itu mendapatkan tambahan kekuatan yang tidak main-main: Samurai Wano dan Suku Minks. Dan menariknya bukan Luffy atau Law yang meminta bantuan mereka, justru mereka yang minta tolong pada Luffy. Dari awal ternyata samurai Wano memang punya masalah dengan Kaidou.

Kaidou menguasai Wano, bersama dengan shogun negeri para samurai itu. Dengan kejamnya, mereka membunuh kedua orangtua Momonosuke. Oden Kouzuki, ayah Momo yang juga merupakan daimyou negeri itu direbus bagai makanan. Tak heran kenangan itu membekas di benak Momonosuke. Anak itu marah, kesal dan ingin menghancurkan Kaidou. Tapi dengan tubuh kecil dan lemahnya saat ini, ia hanya bisa meminta tolong pada orang lain.


Suku Minks sempat kalah saat melawan Jack, anak buah Kaidou. Tapi ada alasan kenapa mereka sampai kalah, dan perlu digarisbawahi mereka kalah bukan karena mereka lemah. Mereka kalah karena aksi licik Jack yang menggunakan gas beracun itu pasti, tapi itu tak bisa dijadikan alasan. Penjahat menggunakan cara licik itu sudah biasa, apalagi dalam pertempuran mati-matian. Sekarang tinggal bagaimana cara mereka (Suku Minks) untuk menanganinya.

Kesalahan terbesar Suku Minks ada dalam efektivitas serangan.

Suku Minks lebih memilih untuk menyerang secara efisien, bergantian siang malam sambil berharap Jack kehabisan energi dan kalah. Kalau saja waktu itu mereka tahu Jack punya gas beracun, lalu Inuarashi-Nekomamushi tidak sedang musuhan dan menggabungkan kekuatan untuk menyerang bersama-sama, peluang untuk mengalahkan Jack pastinya akan meningkat. Peluang untuk mengalahkan Jack sebelum ia sempat menggunakan senjata beracunnya. Kalau Suku Minks mendapat kesempatan sekali lagi untuk melawan Jack, apalagi sekarang dengan bantuan Topi Jerami dan Heart Pirates, kemungkinan Jack kalah pasti meningkat berkali-kali lipat. Dan meskipun Nekomamushi kehilangan satu tangannya, Inuarashi kehilangan satu kakinya, dua pemimpin Zou itu tetap tak bisa diremehkan. Apalagi Inuarashi mengklaim bahwa masih ada sesuatu yang belum mereka keluarkan, Suku Minks belum memperlihatkan seluruh kemampuan mereka.

Sebelum aliansi ini benar-benar terbentuk, Luffy punya satu syarat. Sebelum pergi melawan Kaidou, terlebih dahulu ia ingin membawa kembali temannya, Sanji, yang menurut Luffy kekuatannya cukup untuk menghadapi ribuan orang. Kekuatan aliansi ini akan ditentukan setelah hal itu terjadi. Jika (meski kemungkinannya kecil) Sanji tak bisa dibawa kembali, Luffy kembali dengan tangan kosong, ya sudah kekuatan mereka sampai di sana. Jika Sanji berhasil dibawa kembali beserta Caesar Clown, maka kekuatan mereka pastinya jauh meningkat.

Gas beracun levelnya masih di bawah gas hidup, Caesar Clown.

Tak bisa dipungkiri, Caesar tak hanya bisa menciptakan gas beracun, ia juga bisa menetralisirnya. Meski kejam, jahat, menyebalkan, mau tidak mau harus diakui kalau dia memang ilmuan jenius. Sekarang tinggal bagaimana cara memanfaatkan kekuatannya. Mengingat jantungnya masih berada di tangan Sanji, hal itu pasti tak begitu sulit. Apalagi Kaidou butuh SMILE, yang secara tak langsung berarti ia memerlukan Caesar, dan Caesar terikat pada Kaidou. Jadi, kesempatan bagus baginya untuk ikut bersama-sama menjatuhkan Kaidou.

Kemungkinan terbaiknya, (meski kemungkinan ini sama kecilnya dengan kemungkinan pertama) Luffy membawa kembali Sanji bersama Caesar Clown, ditambah kekuatan lain dari Big Mom dan Vinsmoke. Jika entah bagaimana, Luffy tak hanya mampu membawa kembali Sanji, tapi juga mampu membuat Big Mom atau Vinsmoke menjadi sekutunya, tentunya aliansi mereka akan bertambah kuat hingga berkali-kali lipat. Kemungkinannya kecil, tapi bukan tidak mungkin mengingat Luffy punya kemampuan yang mengerikan: Kemampuan untuk menjadikan orang lain sebagai temannya. Asyik.

Nah, terakhir kemungkinan terburuknya:
Luffy pergi dan malah tidak kembali lagi.

Dan jangan lupa, Topi Jerami juga memiliki aliansi sendiri. Lima ribu lebih pasukan yang terbagi ke dalam tujuh divisi selalu siap untuk membantu Luffy kapan pun. Tapi sepertinya terlalu cepat jika menggunakan kekuatan mereka saat ini. Umurnya bahkan belum genap dua minggu. Lebih cocok jika mereka ikut membantu dalam pertempuran berikutnya, melawan Akainu, Kurohige, atau bahkan Pemerintah Dunia.

Peluang bertambahnya kekuatan aliansi untuk menjatuhkan Kaidou masih terbuka lebar. Apalagi (berdasarkan hasil terjemahan Mangastream), Zou hanyalah tujuan pertama Kinemon dkk. Yang secara tidak langsung berarti masih ada tempat lain yang ingin mereka kunjungi, tempat-tempat untuk mengumpulkan lebih banyak lagi sekutu. Ke mana?

Selain merupakan mantan Daimyou Wano, Oden Kouzuki merupakan mantan kru Raja Bajak Laut, Gol D Roger, yang artinya ia punya banyak kenalan orang hebat. Shanks? Rayleigh? Scopper Gaban?

Peluang Shanks dan Rayleigh untuk ikut kelihatannya kecil. Kalaupun setelah ini Kinemon entah bagaimana bisa bertemu dengan dua orang itu dan minta bantuan pada mereka, kemungkinan besar mereka akan menolak. Kenapa? Karena mereka percaya pada Luffy. Ikut terlibat sama saja dengan memanjakannya.

Bagaimana dengan Scopper Gaban?

Tokoh misterius yang sempat muncul di Chapter 0. Banyak yang berpikir kalau ia ada di Wano, atau entah bagaimana ia memiliki keterkaitan tertentu dengan Arc ini. Kalaupun ia akan muncul, maka Arc Wano nanti adalah saat yang tepat. Jika nama memang berpengaruh pada kekuatan kru Roger, maka yang nomor satu adalah Gol D Roger (Gold=Emas), nomor dua Silver Rayleigh (Silver=Perak), dan Scopper Gaban (Copper=Tembaga) berarti merupakan orang nomor tiga di kelompok bajak laut yang pernah menginjakkan kaki di Raftel itu.

Kekuatan lain yang berpeluang untuk ikut membantu aliansi untuk menjatuhkan Kaidou ini adalah Sabo. Bagaimanapun ia sudah berjanji untuk membantu Luffy saat ia dalam kesulitan. Di mana pun ia berada, Sabo akan langsung datang apabila dibutuhkan. Tapi tak perlu jauh-jauh memikirkan kejadian yang masih lama. Untuk saat ini, Suku Minks dan yang lainnya berada di bawah ancaman serius, Jack telah kembali dan (tak tanggung-tanggung) berniat untuk menghabisi gajah raksasa, Zou.

Update: Ternyata orang lain yang juga ingin direkrut itu Kapten Divisi Pertama Bajak Laut Shirohige, Marco the Phoenix, WOW